Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Sosialisasikan Bahaya HIV/AIDS Bagi Pekerja, KPA Taja Pendidikan Sebaya Program P2HIV

Selasa, 19 Desember 2017

Wawako Eko Suharjo (tengah) membuka pelatihan pendidikan. (Foto: Dika CP/FokusRiau.Com)

DUMAI-Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) menggelar Pendidikan Sebaya Program P2HIV bagi para pekerja di Kota Dumai, kemarin. Pendidikan tersebut dinilai penting, mengingat kasus HIV/AIDS di Dumai semakin lama terus meningkat. Sebelumnya, KPA Dumai juga telah menyelenggarakan lokakarya HIV/AIDS bagi pelajar dan mahasiswa.

Sampai Desember 2017, KPA Dumai mencatat, total kasus HIV/AIDS sudah mencapai 619 kasus, terdiri dari HIV sebanyak 395 kasus, AIDS sebanyak 108 kasus dan korban yang sudah meninggal ada 116 kasus. Kemudian dari 619 kasus berdasarkan kelompok terdiri dari PSK, karyawan, pekerja tidak tetap, ibu rumah tangga, PNS/ASN sampai pelajar.

Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo kala membuka pendidikan Sebaya Program P2HIV mengatakan, Dumai merupakan kota strategis dengan geografis pantai sepanjang 1,4 KM merupakan jalur pintu masuk berbagi komoditi. Sehingga memberikan dampak yang begitu pesat perkembanganya, hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya peningkatan kasus HIV/AIDS.

“Selain itu, perilaku manusianya juga menjadi salah satu indikator penyebab meningkatnya kasus HIV/AIDS. Sebagaimana diketahui, penularan HIV/AIDS pencetusnya bukan hanya perilaku sex bebas saja, tetapi banyak hal lain, seperti pecandu narkoba. Bahkan yang lebih rentan adalah paramedis yang secara langsung melakukan kontak dalam memberikan pelayanan kepada pasiennya, untuk itu selalu terapkan SOP Paramedisnya,” ujar Eko yang merupakan Ketua KPA Kota Dumai.

Melalui pelatihan tersebut, dirinya mengharapkan para peserta pendidikan sebaya dapat menyebarluaskan informasi seputar HIV/AIDS di lingkungannya. “Melihat laju pertumbuhan kasus HIV/AIDS di Dumai yang terus meningkat, ke depan sangat diharapkan seluruh komponen masyarakat juga turut diberdayakan dalam upaya penanggulangan masalah HIV/AIDS demi menekan laju penularan HIV/AIDS,” tukasnya. (dika cahaya putra)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus