Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Alek Demokrasi

Sudah Nyaleg, Kades Belum Urus Surat Pengunduran Diri

Selasa, 14 Mei 2013


PASIR PENGARAYAN-Sampai saat ini, belum ada satu surat pengunduran diri dari kepala desa yang ikut mencalonkan diri sebagai bakal calon legislatif sampai ke KPU Rokan Hulu. Padahal surat pengunduran diri tersebut merupakan salah satu syarat bagi seorang kepala desa yang mendaftar sebagai bacaleg agar bisa lolos verifikasi oleh KPU.

Sekretaris KPU Rokan Hulu, Sariaman kepada wartawan mengatakan, pada pendaftaran lalu terdapat 12 orang kepala desa yang ikut mendaftarkan diri  sebagai bacaleg dari sejumlah partai. Namun sampai sekarang, surat pengunduran diri mereka belum satupun yang diserahkan ke KPU. Bila syarat tersebut tidak bisa dipenuhi hingga batas waktu yang telah ditentukan, maka kepala desa yang ikut sebagai bacaleg akan sulit untuk diloloskan.

"Karena surat pengunduran diri tersebut merupakan salah syarat bagi seorang kepala desa yang mencalonkan diri. Sampai saat ini, belum ada surat pengunduran diri dari kepala desa yang maju sebagai bacaleg diterima KPU," tutur Sariaman, Selasa (14/5) di Pasir Pengarayan.

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu, H Achmad ketika dikonfirmasi terkait persoalan kepala desa yang ikut mendaftar sebagai bacaleg mengatakan, bila surat pengunduran diri merupakan syarat mutlak bagi seorang kepala desa untuk ikut mencaleg, maka seorang kepala desa harus membuat dan dirinya siap menandatangani penguduran diri tersebut.

Tetapi, menurut Achmad, sampai sekarang belum ada satupun surat pengunduran diri yang masuk dan ditanda tangani.  "Jika memang surat pengunduran diri sebagai kepala desa merupakan syarat mutlak, kita akan memberikan tanda tangan atau persetujuan pengunduran diri," tukasnya. (epi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus