Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Sumbar Diguyur Hujan Lebat, Jalan Padang-Solok Putus Tertimbun Longsor

Rabu, 31 Mei 2017

Material longsoran menutupi ruas jalan Padang-Solok. (Foto:Antara)

PADANG-Hujan deras mengguyur Kota Padang, Sumatera Barat, sejak dinihari tadi telah menyebabkan banjir dan memutus akses jalan utama Padang-Solok. Jalan nasional tersebut tidak bisa dilalui sebab tertimbun material longsor.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat menyatakan, 80 persen dari luas wilayah Sumbar diguyur hujan dan angin kencang. "Kami perkirakan hujan dengan intensitas lebat sudah turun sekitar pukul 24.00 WIB, terjadi di hampir semua wilayah Sumbar" kata Kepala Seksi Observasi BMKG Ketaping Padangpariaman, Budi Samiadji, pagi tadi.

Dijelaskan, beberapa daerah yang diguyur hujan adalah Kota Padang, Padangpariaman, Kota Pariaman, Pasaman Barat, Agam, Tanah Datar, Padang Panjang, Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kota Solok.

Kemudian Kepulauan Mentawai, Limapuluh Kota, Sijunjung dan Dharmasraya, kemudian dapat meluas ke Sebagian wilayah Payakumbuh, Bukittinggi, Sawahlunto, Solok Selatan dan sekitarnya. 

Sementara itu, hujan selain menyebabkan banjir di Kota Padan dan sekitarnya juga membuat longsor di Kawasan Lubuak Paraku, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan.

Puluhan kendaraan menuju Solok tertahan di Lubuak Paraku dan belum bisa melanjutkan perjalanan, karena harus menunggu material longsor dibersihkan. "Awalnya kami mau kembali ke Padang, tapi karena berharap material cepat dibersihkan akhirnya kami memilih menunggu di Lubuak Paraku," kata Randi, salah seorang pengguna jalan.

Dia berharap, pemerintah segera menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsor. (antara)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus