Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Surat Suara Provinsi Sumbar Tercecer di Jembatan Kampar, Berikut Penjelasan Bawaslu Riau

Selasa, 16 April 2019

Surat suara DPD Sumbar ditemukan tercecer. (Foto:Istimewa)

KAMPAR-Warga menemukan kertas surat suara tercecer di bawah jembatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau. Jumlahnya tidak sedikit, surat suara tambahan resmi itu ditemukan sekitar satu koli surat suara tambahan untuk Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan membenarkan temuan surat suara itu. Disebutkan, pihaknya mendapat informasi awal dari warga sekitar dan aparat keamanan. "Wilayahnya di Kampar, jadi petugas Bawaslu Kampar yang datang ke lokasi. Setelah dicek, ternyata benar ada satu koli surat suara tambahan untuk Provinsi Sumbar," kata Rusidi, Senin (15/4/2019).

Bawaslu mengecek dan melihat kertas surat suara itu untuk pencoblosan anggota DPD RI, DPR Dapil Sumatera Barat 1. Belum diketahui apakah surat suara itu sudah dicoblos atau belum. "Surat suara ini diangkat dari bawah jembatan oleh masyarakat setempat yang saat itu sedang gotong royong pada Minggu kemarin," ulasnya.

Surat suara itu kemudian diamankan dan dibawa ke Kantor Bawaslu Kampar dan hingga kini belum dibuka. Temuan ini juga dikoordinasikan dengan Kapolres Kampar dan Ketua KPU Kampar untuk ditindaklanjuti.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Kampar Marhaliman menjelaskan, Minggu (14/4/2019) ditemukan satu koli surat suara tambahan untuk Provinsi Sumatera Barat, khususnya untuk Kabupaten Tanah Datar. Surat suara ini adalah surat suara Anggota DPD, DPR Dapil Sumatera Barat 1.

Bawaslu Kampar mendapatkan informasi dari Panwascam Salo, sekitar pukul 10.15 WIb dan langsung menuju ke lokasi. Saat di lokasi, masyarakat sudah ramai dan tampak surat suara sudah berada di atas jembatan dan berada dalam koli.

Panwascam Salo melaporkan, surat suara diangkat dari bawah jembatan oleh masyarakat setempat yang saat itu tengah melaksanakan gotong royong. Setelah berkoordinasi, surat suara ini diamankan di Kantor Bawaslu Kampar dan belum dibuka. "Kami berkoordinasi dengan Kapolres dan Ketua KPU Kampar terkait temuan surat suara ini," tukasnya. (*)
 
 
 



Penulis: Andi Affandi
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus