Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Syamsuar Diundang Jokowi ke Istana Negara Bahas Revolusi Industri

Jumat, 06 Juli 2018

Bupati Syamsuar duduk disebelah Presiden Jokowi. (Foto:Istimewa)

JAKARTA-Sebanyak 41 bupati seluruh Indonesia diundang khusus oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam pertemuan di Istana Kepresidenan, Bogor, Kamis (5/7/2018) juga hadir Bupati Siak Syamsuar.
 
Istimewanya, calon Gubernur Riau yang memperoleh suara terbanyak dalam Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2018 ini terlihat duduk di sebelah kanan Presiden Jokowi, selama pertemuan berlangsung.

"Alhamdulillah, saya diundang bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan sejumlah Kepala Daerah lainnya di Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat," kata Syamsuar kepada wartawan, Jumat (6/7/2018).

Dalam pertemuan itu, kata Syamsuar, Presiden mendengarkan berbagai masukan dan keluhan yang dirasakan daerah, sehingga pemerintah pusat nantinya bisa membantu.

"Bapak Presiden sengaja mengundang khusus kami dalam forum-forum lebih kecil, sehingga lebih bebas menyampaikan hal-hal berkaitan dengan pemerintahan di daerah," kata Syamsuar menyampaikan kata pembuka Presiden dalam pertemuan.

Pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah bertujuan agar pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten dan kota betul-betul satu garis lurus.

Selain itu presiden menyampaikan arahan terkait peningkatan pertumbuhan ekonomi dalam upaya menekan inflasi. “Pada kesempatan itu juga dibahas masalah peningkatkan daya saing daerah dalam menghadapi revolusi industri. Seperti penggunaan robot, kemajuan digitalisasi dan sebagainya yang harus dihadapi oleh dunia secara global,” ungkap Syamsuar.

Karenanya, menurut Syamsuar, presiden berharap daerah mampu menghadapi perubahan yang begitu cepat dengan melakukan berbagai inovasi, bukan bekerja seperti manual saja. “Dalam upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing, dalam arahan presiden daerah harus mampu meningkatkan investasi dan komoditas eksport,” tukasnya. (*)





Penulis: Satria Donald
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus