Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Syamsuar-Edy Nasution Menang Mutlak di TPS Lapas Klas IIA Pekanbaru

Rabu, 27 Juni 2018

Syamsuar-Edy Nasution menang di TPS 24. (Foto:Andi Affandi/FokusRiau.Com)

PEKANBARU-Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Syamsuar-Edi Nasution menang mutlak di TPS 24, Tangkerang Utara, Bukit Raya, Pekanbaru. Di TPS ini, para narapidana penghuni Lapas Klas IIA Pekanbaru mayoritas memilih pasangan nomor urut 1 untuk memimpin Riau lima tahun ke depan.

Pasangan yang didukung PAN, PKS dan Nasdem tersebut memperoleh 67 suara dari 137 suara sah. Pasangan calon nomor urut empat Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno menyusul dengan 32 suara dan sama persis dengan raihan suara paslon nomor urut tiga Firdaus-Rusli Efendi.

Sementara pasangan nomor urut dua Lukman Edy-Hardiayanto memperoleh enam suara dan untuk suara tidak sah ada lima suara.

Sebelumnya, Kasibinadik Lapas Klas IIA Pekanbaru Yusuf Gunawan menjelaskan, jumlah pemilih berasal dari napi yang memiliki hak suara. "Ada 76 orang terdaftar dan memiliki hak suara, sementara 100 orang menyalurkan hak pilihnya menggunakan KTP elektronik," katanya. 

Untuk Pilgubri 2018, antusiasme warga Lapas kurang bagitu tinggi dibanding dengan dua tahun lalu saat pemilihan Walikota Pekanbaru. Ini disebabkan adanya peraturan tentang kewajiban memiliki NIK bagi setiap warga. 

"Dua tahun lalu, sekitar 900 warga Lapas memberikan hak pilihnyapada pemilihan Walikota Pekanbaru. Saat ini belum ada peraturan kewajiban memiliki NIK, sehingga antusiasme cukup besar," tuturnya. 

Saat ini, Lapas Pekanbaru dihuni sekitar 1.543 orang narapidana yang terdiri dari 1.035 napi dalam kasus narkoba, napi kasus pidana umum ada 430 orang, tipikor sebanyak 77 orang. Di antara mereka ada mantan Gubernur Riau Rusli Zainal, mantan Bupati Inhu Tamsyir Rahman dan satu orang napi teroris. (*)





Penulis: Andi Affandi
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus