Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Tahukah Anda: Begini Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami, Mudah dan Ampuh

Rabu, 14 Agustus 2019

Air lemon. (Foto: iStockphoto)

PEKANBARU-Cara mengobati asam urat sangat dibutuhkan bagi penderitanya. Sebab penyakit ini membuat penderitanya mengalami berbagai keluhan, seperti sendi terasa nyeri, bengkak, merah dan terasa panas. Tak jarang kondisi ini bisa mengganggu aktivitas, bahkan menurunkan kualitas hidup penderita asam urat.

Penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara total, namun kamu bisa mengendalikan gejala sakitnya. Terdapat berbagai cara mengobati asam urat ini. Mulai dari mengubah gaya hidup, mengonsumsi obat-obatan hingga cara mengobati asam urat secara alami.

Nah, selain mengandalkan obat-obatan yang dianjurkan dokter, ada cara pengobatan asam urat di rumah yang bisa kamu coba. Cara mengobati asam urat secara alami ini bisa bantu mengendalikan gejala asam urat yang muncul. Berikut ini Liputan6.com, Rabu (14/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara mengobati asam urat secara alami yang bisa kamu lakukan di rumah.

Penyebab Asam Urat
Asam urat merupakan zat sisa yang dibentuk oleh tubuh pada saat tubuh memetabolisme substansi yang dinamakan purin. Purin bisa ditemukan di beberapa jenis makanan dan minuman, seperti alkohol, hati, daging, dan seafood.

Penyakit asam urat timbul saat asam urat di tubuh menumpuk dan sulit untuk dikeluarkan oleh tubuh. Saat tubuh kamu memproduksi terlalu banyak asam urat, maka yang selanjutnya akan terjadi adalah penumpukan yang membentuk kristal- kristal asam urat. Penumpukan bisa terjadi di sekitar sendi dan ginjal.

Asam urat atau biasa disebut gout tidak dapat disembuhkan. Meski demikian, kondisi ini dapat dikontrol lewat pengobatan. Keluhan yang dirasakan penderita asam urat biasanya akan hilang dalam waktu 24 jam setelah pengobatan dimulai.

Umumnya, asam urat diobati dengan obat antiinflamasi golongan NSAIDs (ibuprofen atau naproxen). Obat-obatan ini secara umum diberikan untuk mengobtai serangan berat dan mendadak untuk menurunkan peradangan dan nyeri.

Untuk penderita asam urat yang tidak dapat menggunakan obat tersebut, biasanya akan diberikan kortikosteroid, steroid yang bekerja menurunkan peradangan. Steroid dapat disuntikkan langsung pada sendi yang terkena atau diminum dalam bentuk pil. Obat ini tidak digunakan pada waktu serangan akut, namun digunakan untuk mengontrol kadar dari asam urat.

Selain obat-obatan tersebut, ada cara mengobati asam urat secara alami yang bisa kamu coba. Ya, tak kalah ampuh dari mengonsumsi obat-obatan. Dengan mengatasi dengan cara alami untuk mengobatinya, bisa meminimalkan risiko efek samping dari penggunaan obat-obatan.

Namun perlu diketahui bahwa kunci utama dari pengobatan asam urat secara alami adalah dengan mengubah gaya hidup. Ya, kamu juga harus mengubahnya ke arah yang lebih baik dan sehat. Perubahan gaya hidup ini cukup ampuh untuk mengendalikan gejala asam urat.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami
Selain menggunakan obat-obatan yang dianjurkan dokter, kamu juga bisa mengandalkan bahan-bahan alami yang bisa ditemui di sekitar kamu. Tetapi dengan bahan-bahan alami ini tidak bisa menggantikan sepenuhnya fungsi obat yang sudah diberikan dokter.

Pasalnya pengobatan dengan bahan alami ini hanya bisa membantu mengendalikan gejala yang muncul. Berikut bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk meredakan gejala asam urat.

1. Air Lemon
Cara mengobati asam urat secara alami pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan rajin mengonsumsi air lemon. Pada lemon, mengandung asam sitrat yang mampu mengusir asam urat di tubuh.

Sebagai penyedia vitamin C yang tinggi, air lemon bisa membantu meredakan sakit akibat asam urat. Selain itu, lemon juga membantu menyediakan kalium. Kalium ini digunakan untuk menjaga fungsi ginjal dan membantu menjaga kadar pH darah dan urin sedikit basa.

Nah, dengan seimbangnya fungsi ginjal dan kadar pH ini dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat. Kamu bisa mengonsumsi air lemon setidaknya dua kali dalam sehari. Cara membuatnya, peras setengah buah lemon dan campur dengan air hangat. Kemudian minumlah di pagi hari.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih
Memperbanyak konsumsi air putih dipercaya bisa membantu ginjal untuk mengeliminasi asam urat dari tubuh dengan lebih cepat. Cara mengobati asam urat secara alami ini bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi air putih minimal delapan gelas per hari.

Selain melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk di dalam tubuh, memperbanyak konsumsi air putih juga bisa membuang zat yang tidak terpakai dalam tubuh.

3. Air Rebusan Jahe
Selain air lemon, kamu juga bisa mencoba konsumsi air rebusan jahe untuk meredakan asam urat. Disini jahe berperan sebagai zat anti peradangan yang bisa mencegah terjadinya pembentukan kristal dan meredakan gejala asam urat. Pasalnya jahe mengandung berbagai senyawa antiinflamasi.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa merebus jahe dengan air. Minumlah air rebusan jahe alami setiap pagi untuk mengobati asam urat secara alami.

4. Perhatikan Jenis Asupan
Asam urat memiliki hubungan yang erat dengan jenis makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Telah terbukti bahwa makanan yang mengandung purin dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Contoh makanan tersebut, termasuk seafood, jeroan, daging merah berlemak, jamur, kacang-kacangan, dan bayam.

Selain membatasi makanan-makanan tersebut, kamu juga dianjurkan untuk menghindari gorengan, makanan tinggi garam, dan minuman beralkohol. Ini karena semuanya dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

5. Hindari Stres
Stres, kualitas tidur yang buruk, dan kurang olahraga bisa menyebabkan peradangan yang mampu meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Karena itu, hindari stres dengan melakukan kegiatan yang positif dan menyenangkan.

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk rutin berolahraga setidaknya selama 30 menit setiap harinya. Hal ini dikarenakan olahraga dapat melatih sendi, sehingga bisa mencegah timbulnya rasa nyeri sendi akibat asam urat.

6. Mengontrol Berat Badan
Cara mengobati asam urat secara alami yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan berat badan. Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan salah satu penyebab kadar asam urat tinggi. Nah, buat kamu yang memiliki berat badan berlebih, dianjurkan untuk menurunkan berat badan dengan melakukan diet sehat.

Kamu bisa memilih karbohidrat kompleks. Selain itu, konsumsilah buah-buahan, sayur-sayuran, dan gandum utuh serta hindari makanan dan minuman manis. Kurangi juga asupan lemak jenuh yang banyak terdapat dalam daging merah, ungags berlemak, dan produk susu tinggi lemak. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Liputan6.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus