Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Otomotif

Tahukah Anda, Kelamaan Memanaskan Mesin Mobil Bisa Berdampak Seperti Ini

Sabtu, 15 Juni 2019

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Salah satu hal yang selalu dilakukan para pemilik mobil di pagi hari adalah memanaskan mesin. Tujuannya, supaya mesin mencapai suhu ideal sebelum digunakan melintas di jalan raya.

Selain itu, memanaskan mesin juga berfungsi memberi waktu pada pelumas, untuk bersirkulasi di dalam mesin. Jika hal itu tidak terjadi, maka gesekan antar komponen bisa saja terjadi yang berakibat rusaknya mesin.

Seiring perkembangan teknologi, mesin kendaraan bermotor juga ikut mendapat pembaruan. Contohnya, sistem pengabutan karburator berubah menjadi injeksi. Dengan adanya sistem injeksi, jumlah bahan bakar dan udara yang masuk bisa sesuai dengan kebutuhan. 

Bahkan, jumlahnya mendekati angka ideal. Sehingga performa dan juga pemakaian bahan bakar bisa lebih maksimal. Keuntungan lain dari sistem tersebut, pemilik kendaraan tak perlu lagi memanaskan mesin terlalu lama. Komputer yang ada pada sistem injeksi akan berusaha menaikkan suhu mesin ke level ideal, dalam waktu singkat. 

Seperti dilansir dari laman Gardaoto, Sabtu (15/6/2019). Kalau dulu waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mesin lebih dari 10 menit, sekarang hal itu cukup dilakukan lima menit saja. Bahkan, lebih sering waktunya hanya 2-3 menit.

Jika dibiarkan terlalu lama, emisi gas buang yang dihasilkan akan semakin banyak. Selain itu, sistem pendingin mesin tidak akan bekerja maksimal, karena dibutuhkan angin untuk melakukan itu dengan efektif. (*)






Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Viva.co.id


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus