Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Berita Islami

Tahukah Anda: Puasa Secara Medis Bisa Membantu Menunda Penuaan Tubuh

Jumat, 03 Mei 2019

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Puasa telah terbukti memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang baik bagi diri kita. Secara medis, puasa juga disebut mampu menjaga sel-sel tubuh tidak cepat menua. 

"Karena kalau kita terus makan banyak, secara teori, seseorang akan cepat menua dan cepat meninggal," kata Ketut Suastika, dokter spesialis endokrinologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bali, beberapa waktu lalu.

Ketika seseorang makan terus menerus, tubuh akan mengeluarkan insulin dalam jumlah yang banyak. Tidak hanya mempengaruhi gula darah, tetapi dia juga memicu penuaan sel dan berpotensi menyebabkan kanker.

"Jadi puasa itu bagus karena sel-sel tidak cepat tua dan mencegah risiko kanker. Tidak bagus ketika orang memiliki kondisi diabetes tertentu misalnya, tapi pada orang normal, itu bagus," kata Ketut.

Sehingga, selain manfaat psikologis dan spiritual, puasa juga bisa bermanfaat dari sisi medis. Bahkan, tidak hanya saat bulan Ramadan. "Kalau hari biasa seminggu sekali puasa sehari penuh tidak apa-apa. Asal kuat saja menahan lapar. Karena dari lemak akan diubah jadi karbohidrat lagi," ujarnya.

Meski begitu, ada beberapa kondisi yang tidak disarankan untuk berpuasa. Misalnya orang dengan diabetes yang tidak terkontrol, pasien gagal ginjal yang sedang melakukan cuci darah serta ibu hamil.

Pada pasien dengan sejumlah kondisi tersebut, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum berpuasa. Hal ini wajib dilakukan untuk menemukan pola yang tepat bagi pasien agar dapat tetap sehat ketika berpuasa. (*)






 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Liputan6.com 


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus