Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

Tahun 2020, Disdikbud Meranti Realisasikan Program Sekolah Adiwiyata

Senin, 25 Februari 2019

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

MERANTI-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Meranti, Riau mewacanakan program sekolah adiwiyata. Saat ini, program tersebut sedang disusun dan mulai direalisasikan tahun 2020. Kepala Disdikbud Kepulauan Meranti Nuriman Khair menyebut, ada beberapa SMP yang akan dijadikan sekolah adiwiyata. 

Di antaranya SMP 3 Rangsang, SMP 3 Sungaitengah, SMP 1 Tebingtinggi, SMP 4 Tebingtinggi, SMP 3 Rangsangbarat, dan SMP 3 Pulau Merbau. "Kami sedang menyusun program 2020. Dipilih beberapa sekolah itu karena lokasi cukup luas," kata Nuriman Khair, kemarin.

Diakui, untuk mewujudkan sekolah adiwiyata, tidaklah semudah membalik telapak tangan. Perlu ada kerjasama dengan semua pihak terkait. Sebab, syaratnya sarana dan prasarana harus lengkap dan sekolah harus pula sesuai standard.

Seperti ruang kelas cukup, ada ruang kepala sekolah, guru untuk laboratorium dan pustaka bersertifikat. Harus ada taman-taman bacaan, semenisasi lapangan, pagar, UKS, kantin sekolah sesuai standard kesehatan, tersedia musalla dan lainnya.

"Itu semua akan terealisasi kalau anggaran ada. Kita fokuskan membangun apa yang dibutuhkan dengan APBD Meranti saja. Kalau DAK tak bisa mencakup semua kebutuhan," jelas Nuriman.

Ketua Komisi III DPRD Kepulauan Meranti Basiran MM mengaku setuju terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan. Namun hal itu harus intens dibicarakan, agar apa yang diwacanakan sejalan antara eksekutif dengan legislatif. "Pada dasarnya kita setuju. Namun hingga saat ini belum ada kami membahas itu. Nanti dalam hearing, wacana sekolah adiwiyata menjadi salah satu pokok bahasan," kata Basiran. (*)





Penulis: Syafrizal
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus