Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Tahun Depan, Pemkab Inhu Terapkan Sistem Aplikasi Keuangan

Minggu, 29 Juli 2012


RENGAT-Kepala Bagian Keuangan Sekdakab Inhu, Hasman Dayat menyatakan, tahun 2013 nanti, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu mulai menerapkan sistem aplikasi tata usaha kelola keuangan daerah. Penerapan sistem itu akan diberlakukan untuk semua satuan kerja. Tujuannya, untuk mewujudkan penerapan prinsip good governance bidang keuangan dan memudahkan pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangannya.

"Kita berharap sistem tersebut sudah bisa diterapkan tahun 2013 mendatang. Kita sudah menyiapkan sarana dan prasaranya sejak dua tahun terakhir," kata Hasman Dayat kepada wartawan, Jumat kemarin.

Dikatakan, keyakinan untuk bisa menerapkan sistem aplikasi tata kelola keuangan daerah karena Pemkab Inhu sudah melakukan pemberdayaan terhadap para pegawainya, dengan menggelar berbagai pelatihan dan studi banding ke beberapa daerah yang sudah menerapkan sistem tersebut. "Dengan pelatihan-pelatihan dan mengirim sejumlah pegawai untuk belajar tata cara mengelola keuangan yang baik, kita yakin sistem ini akan berjalan sukses," tukasnya.

Dijelaskan, berdasarkan hasil penilaian Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Riau tahun 2011, laporan keuangan Pemkab Inhu sudah menerapkan Standar Akuntasi Pemerintah (SAP). Sehingga Pemkab Inhu berhasil mendapatkan predikat opini Wajar Dengan Pengeculian (WDP).

"Predikat Wajar Dengan Pengeculian (WDP) cukup menjadi bukti pengelolaan keuangan Pemkab Inhu mulai membaik. Karena itu, kita siap menjalankan sistem aplikasi tata kelola keuangan yang lebih baik di Pemkab Inhu," tukasnya.

Karena itu, tahun ini Pemkab Inhu akan membuat pelatihan tata kelola keuangan di setiap SKPD. Sehingga tahun 2013 nanti, sistem tersebut sudah bisa berjalan sesuai rencana dan laporan keuangan Pemkab Inhu akan menjadi lebih baik. Dengan demikian, maka target prediket Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) yang direncanakan Bupati Inhu, Yopi Arianto akan dapat terwujud. (isc)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus