Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

Tahun Ini, 84 Guru di Kepulauan Meranti Riau Mengikuti Sertifikasi

Minggu, 24 Februari 2019

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

MERANTI-Sebanyak 84 guru dari Kepulauan Meranti, Riau akan mengikuti sertifikasi profesi guru. Mereka yang akan mengikuti pendidikan selama satu semester dan dibiayai oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Meranti Nuriman Khair. Saat ini, guru yang sudah sertifikasi berjumlah 1.020 orang, terdiri dari 929 guru sekolah umum dan 91 guru agama (Kemenag). Sementara 1.476 guru yang terdiri dari 225 guru TK, 1124 guru SD, dan 352 guru SMP, belum bersertifikat. "Tahun ini kuota kita hanya 84 orang, itu pun dana dari pusat," kata Nuriman, kemarin.

Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan Triono menambahkan, 84 guru yang berkesempatan ikut sertifikadi adalah yang sudah lulus uji kompetisi 2015 ke bawah. Setidaknya di Meranti ada lebih 300 guru sudah lulus kompetisi dan nama-namanya ada di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). "Nama-nama yang lulus uji kompetisi ada di LPMP. Ada lebih 300 guru yang sudah lulus kompetisi dan menunggu kesempatan mengikuti sertifikasi," ujar Triono.

Diakui, 84 guru dari Meranti ini mengikuti sertifikasi yang dananya dari Dirjen GTK. Sementara ketika diusulkan dana APBD kabupaten, tidak disetujui Komisi III DPRD Kepulauan Meranti.

Ketua Komisi III DPRD Meranti Basiran SE MM mengatakan, belum disetujui anggaran sertifikasi bukan tanpa alasan. Menurutnya, persoalan guru di Meranti masih ada yang lebih krusial daripada sertifikasi, yakni masalah tunjangan guru agama (guru madrasah Kemenag). Mereka tak ingin nantinya penganggaran sertifikasi guru menimbulkan kecemburuan sosial pada guru madrasah. (*)






Penulis: Syafrizal
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus