Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Bengkalis

Tahun Ini, Anggaran Pembangunan Jaringan Listrik Naik

Rabu, 20 Februari 2013


BENGKALIS-Anggaran pembangunan jaringan listrik tahun ini meningkat dibanding tahun 2012 lalu. Peningkatan anggaran diperkirakan mencapai 150 persen. Ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Bengkalis terhadap pelayanan masyarakat, khususnya bidang kelistrikan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Bengkalis, H Suheiry Zein kepada wartawan, Rabu (20/2). Menurutnya, peningkatan anggaran untuk pembangunan jaringan listrik tidak terlepas dari upaya Pemkab Bengkalis agar kedepannya, seluruh daerah terang benderang, sekaligus pendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Peningkatan anggaran seiring dengan masih banyaknya desa-desa di Kabupaten Bengkalis yang belum tersentuh listrik karena jaringannya belum ada, dan ini hampir merata di seluruh kecamatan. Desa-desa yang selama ini belum dialiri lsitrik masuk dalam skala prioritas kita pada tahun 2013 ini,” papar Suheiry.

Dikatakan, di Kecamatan Bengkalis saja misalnya. Masih ada beberapa desa yang belum tersentuh listrik, seperti Teluk Lancar, Sekodi, Kembung Luar, dan Kelemantan. Di desa tersebut, sebagian titik telah dibangun jaringannya pada tahun 2012 lalu tapi belum selesai. Diharapkan, pada tahun ini akan dilanjutkan sehingga  tidak ada lagi desa-desa yang belum tersentuh listrik.

“Seiring dengan telah dibangunnya jaringan listrik ini, kita berharap nantinya kepada PLN agar bisa memenuhi permintaan sambungan baru. Dengan demikian, jaringan yang telah kita bangun benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat,” katanya.

Pembangunan jaringan listrik tersebut, menurut Suheiry, tidak hanya dilakukan di Bengkalis saja melaikan juga di kecamatan lain seperti Rupat dan Rupat Utara, Mandau Pinggir, termasuk juga Bukit Batu dan Siak Kecil. Kendalanya memang seperti di Rupat adalah terbatasnya kemampuan dari PLN dalam mensuplay energi listrik.

Pemkab Bengkalis berharap, pembangunan listrik interkoneksi melalui kabel bawah laut bisa terealisasi secepatnya. Dengan demikian, masyarakat di Rupat pun bisa menikmati listrik seperti halnya di kecamatan-kecamatan lain.

“Informasi yang kita terima, katanya pada tahun 2014 sudah terealisasi. Termauk kabel bawah laut yang dari Bukit Batu menuju Bengkalis. Kalau ini terealisasi maka persoalan listrik di Kabupaten Bengkalis akan segera teratasi,” tukasnya. (adv/hms)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus