Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Tahun Ini, Pemkab Rohul Ambil Alih Pengelolaan PBBP2

Kamis, 10 Januari 2013


PASIR PENGARAYAN-Mulai 1 Januari lalu, pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBBP2) sepenuhnya dikelola Pemkab Rokan Hulu dan menjadi salah satu sumber pajak daerah. Serah terima pengelolaan PBBP2, Kamis (10/1) dilakukan langsung oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bangkinang, Ferizal kepada Sekda Rokan Hulu, Damri di Sapadia Hotel.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Rokan Hulu, Jaharudin mengatakan, persiapan pengelolaan PBBP2 sudah dimulai sejak tahun 2011 dan payung hukumnya, termasuk sumber daya manusia serta sarana prasarana juga sudah dipersiapkan dengan matang. Dengan demikian, mulai 1 Januari lalu, KPP Pratama Bangkinang sudah bisa menyerahkan pengelolaannya kepada Pemkab Rohul.

Pengelolaan PBBP2 akan bekerja sama dengan seluruh camat dan kepala desa. Bahkan, 30 persen dari hasil PBBP2 nantinya akan diserahkan kepada desa melalui APBDes. "Kita bersyukur, mulai tahun ini pengelolaan PBBP2 sudah sepenuhnya dialihkan ke Pemkab Rokan Hulu. Tentunya hal ini akan berdampak terhadap kontribusi pendapatan daerah," tukasnya.

Sementara Kepala KPPP Pratama Bangkinang, Ferizal mengaku bangga dengan kinerja Pemkab Rohul dalam mendapatkan pengelolaan PBBP2 menjadi pajak daerah. Sehingga tahun ini sudah bisa melaksanakannya sendiri. Untuk Propinsi Riau, Kabupaten Rokan Hulu merupakan daerah yang tercepat dalam proses mengambil alih pengelolaannya. "Kita akan tetap memberikan masukan dan pengawasan pengelolaan PBBP2 tersebut agar apa yang diinginkan bisa tercapai dengan baik," ujarnya.

Di sisi lain, Sekda Rokan Hulu, Damri mengharapkan DPKA sebagai dinas yang ditunjuk mengelola PBBP2 bisa bekerja maksimal dan profesional. Sehingga kontrubusi PAD melalui sektor ini bisa tercapai sesuai target. "Kita berharap, DPKA bisa mengelola PBBP2 dengan baik dan profesional, sehingga kontribusi pendapatan daerah dari sektor pajak ini meningkat," harapnya. (epi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus