Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

Tambang Bouksit Ilegal di Tanjungpinang, Polisi Segera Periksa Kadis ESDM Kepri dan KSOP

Rabu, 08 November 2017

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro. (Foto:Indra/FokusRiau.Com)

TANJUNG PINANG-Penyidik Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Satuan Reserse dan Kriminal Polres Tanjungpinang segera memeriksa Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kepri Amjon dan Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang.

Pemeriksaan terkait dengan dugaan pemberian izin pertambangan bauksit di Tanjungmoco yang direkomendasikan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kepri. Sedangkan Kepala Kantor KSOP Tanjungpinang akan dimintai keterangan terkait surat izin oleh gerak dan izin kepelabuhanan di Tanjungmoco, Dompak, Tanjungpinang.

"Kita masih akan memeriksa Kadis ESDM Kepri dan Kepala KSOP Tanjungpinang pekan depan," kata Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro saat ditemui wartawan di Mapolres Tanjungpinang, kemarin.

Penyidik Tipiter Polres Tanjungpinang sejauh ini telah memeriksa 16 saksi terkait penambangan bauksit ilegal di Tanjungmoco, di antaranya Direktur PT HI berinisial AW dan beberapa karyawan, RT/RW setempat dan beberapa saksi lainnya. Dalam kasus ini, Polres Tanjungpinang telah mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kepada Kejaksaan Negeri Tanjungpinang.

Sebelumnya, Polres Tanjungpinang sudah mengamankan Direktur PT HI berinisial AW dan empat karyawan yang melakukan penambangan bauksit ilegal di Tajungmoco Dompak RT 03 RW 02, Kelurahan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Tanjungpinang, Selasa (31/10/2017) lalu.

Menurut AKBP Ardiyanto, setelah mendapatkan informasi masyarakat, polisi langsung mengamankan pemilik tambang bauksit ilegal di tempat tersebut. Dari kelima orang yang diamankan, salah satunya Direktur PT HI dan empat orang karyawan perusahaan penambang bauksit ilegal. (*/indra h piliang)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus