Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Tanpa Disadari, 5 Hal Berikut Sesungguhnya Dilarang Dilakukan di Ranjang

Senin, 06 April 2020

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Saat sekarang, banyak waktu yang dihabiskan di rumah menjadikan kasur sebagai pusat aktivitas keseharian. Ini membuat kita melakukan sejumlah hal yang sesungguhnya haram dilakukan di ranjang atau kasur. Tentu saja hal ini bukan berarti melakukan berbagai hal tidak masuk akal di atas kasur. 

Tentu kita tak membahas hal-hal aneh misal bersepeda di atas kasur atau melakukan tindakan akrobatik di atasnya. Tindakan-tindakan yang dimaksud adalah hal-hal sehari-hari yang biasa kamu lakukan di atas kasur. Padahal, berbagai hal yang kamu lakukan ini bisa membuat kamu kesulitan untuk tidur nyenyak di malam harinya.

Beraktivitas di atas kasur bisa membuat kamu mengalami masalah ketika tidur di malam hari. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah aktivitas sehari-hari yang sejatinya haram dilakukan di atas kasur.

1. Menonton TV
Menonton tv dari kasur merupakan salah satu kebiasaan banyak orang. Pada saat kamu menghabiskan terlalu banyak waktu di rumah seperti sekarang, hal ini makin tak terhindarkan.

Hal ini ternyata bisa berbahaya pasalnya cahaya dari TV akan merangsang otak untuk berhenti mengeluarkan hormon melatonin. Padahal hormon ini berfungsi untuk membuat tidurmu agar selalu nyenyak.

2. Bermain Smartphone
Selain TV, kamu juga harus mematikan smartphone saat akan tidur. Tentu saja hal ini sangat sulit dilakukan terutama karena smartphone merupakan benda pertama yang biasa dibuka sebelum dan setelah tidur.

Ketika smartphone menyala maka kamu akan tergoda untuk memainkannya terus-menerus. Hal ini juga bisa mempengaruhi jam alami tubuh sehingga kamu sulit untuk terpejam.

3. Makan di Atas Tempat Tidur
Ketika sakit atau tubuh sudah terlalu malas bergerak, ngemil di atas kasur merupakan hal yang menyenangkan. Faktanya, hal ini sebaiknya tidak dilakukan.

Jangan pernah makan apa pun di atas tempat tidur. Pasalnya remahan makanan tersebut akan menarik kedatangan semut, kecoa, atau serangga lainnya yang pasti akan mengganggu kualitas tidurmu.

4. Bekerja
Pada saat bekerja dari rumah seperti sekarang, salah satu lokasi yang banyak dipilih untuk bekerja adalah di kamar. Ketika tidak ada meja khusus, kasur merupakan tempat yang banyak dipilih untuk bekerja.

Menurut penelitian yang dilansir dari National Sleep Foundation, saat kamu membawa pekerjaanmu ke atas tempat tidur atau kamu lembur, kamu cenderung akan menderita insomnia. Selain itu hal ini juga bisa membuat kasur kamu menjadi lebih kotor karena banyaknya kertas yang bertebaran.

5. Bertengkar dengan Pasangan
Masalah dengan pasangan yang terjadi di atas kasur dapat mengakibatkan masalah baru bagimu. Pasalnya, ketika kamu bertengkar dengan pasangan, kamu pasti akan stres. Sebaliknya ketika kamu bermesraan dengan pasangan, tubuh akan melepaskan endorfin yang akan membuatmu rileks dan tidurmu jadi nyenyak.

Sejumlah hal tersebut tanpa kamu sadari sangat sering terjadi ketika di atas kasur. Sebaiknya hindari sejumlah hal tersebut terutama jika kamu berusaha untuk tidur dengan nyenyak di malam hari. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Merdeka.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus