Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Temukan Manfaat Konsumsi Cokelat Hitam untuk Penderita Glaukoma

Kamis, 11 April 2019

Coklat hitam. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Ada berbagai jenis cokelat yang bisa Anda temui di pasaran, mulai dari cokelat susu (milk chocolate), cokelat putih (white chocolate) sampai cokelat hitam (dark chocolate).

Nah, tahukah Anda jika dari ketiga jenis cokelat itu ternyata cokelat hitam lah yang memiliki manfaat paling banyak untuk kesehatan tubuh? Mulai dari kulit, mata, hingga ke dalam pembuluh darah bisa Anda dapatkan manfaatnya.

Tidak seperti cokelat susu dan cokelat putih, cokelat hitam ini mempunyai proporsi cokelat yang lebih tinggi dan banyak manfaatnya untuk kesehatan. Meski cokelat hitam memiliki kadar gula dan lemak yang tinggi, namun jika dimakan dalam jumlah sedang bisa memberikan sumber tembaga, zat besi, mangan, serat, seng, magnesium, dan selenium yang sehat.

Selain itu, cocoa yang terdapat di dalam cokelat hitam juga memiliki banyak sekali antioksidan seperti flavon dan flavonoid. Kandungan zat pada cokelat hitam ternyata juga baik untuk kesehatan mata, seperti salah satunya untuk mengobati mata Glaukoma.

Glaukoma adalah penyakit mata di mana keadaan saraf optik menjadi rusak. Jika penyakit ini tidak diobati maka akan mengakibatkan kebutaan sebagian atau penuh. Flavonoid yang ditemukan di dalam cokelat hitam bisa membantu menurunkan stres oksidatif yang dapat melindungi mata dari kerusakan lebih lanjut.

Selain itu, kandungan flavonoid di dalamnya sangat tinggi sehingga memang baik untuk membantu merawat mata yang tengah terkena glaukoma. Disamping itu, juga ada perlindungan natural yang diberikan oleh cokelat hitam pada pembuluh darah mata.

Perlindungan tersebut datang untuk bagian retina dan kornea mata Anda. Jadi, tidak usah khawatir lagi karena Anda bisa mendapatkan manfaat cokelat hitam dengan mengonsumsinya secara rutin. Penglihatan akan dibantu menjadi semakin baik dan ketajaman penglihatan juga akan meningkat.

Itulah beberapa kandungan cokelat hitam yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit glaukoma. Anda bisa mengonsumsi dan mengolah cokelat hitam ketika benar-benar diperlukan.

Terlepas dari manfaatnya, rupanya cokelat hitam juga bisa berbahaya jika kita tidak benar mengkonsumsinya. Cokelat hitam pun bisa berakibat fatal di tubuh kita dan dapat mematikan seandainya kita tidak memperhatikan hal-hal penting ketika mengonsumsinya.

Bila Anda ragu mengobati glaukoma dengan mengonsumsi cokelat hitam. Tak perlu khawatir. Karena selain cokelat hitam, masih ada cara lain yang dapat mengatasi glaukoma sampai tuntas. Bahkan cara yang satu ini tidak menimbulkan efek samping. (*)

 
 
 


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Ensiklopediaviva


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus