Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Terbesar di Indonesia, Kepala Daerah di Sumatera Bakal Hadiri Peresmian Mall Pelayanan Publik Batam

Minggu, 14 Januari 2018

Walikota HM Rudi meninjau lokasi MPP di Batam. (Foto:Indra/FokusRiau.Com)

BATAM-Seluruh kepala daerah di Sumatera bakal hadir menyaksikan peresmian Mall Pelayanan Publik (MPP) yang pertama dan satu-satunya di Sumatera. Bahkan, MPP tersebut merupakan yang terbesar di Indonesia. Peresmian rencananya dilakukan Menteri PAN-RB Asman Abnur di Kota Batam, Jumat (18/1/2018).

Tak hanya kepala daerah, sejumlah menteri kabinet Kerja, seperti Menteri Hukum dan Ham, Menteri BUMD, Mendagri, Kapolri, Kejagung dan Kepala BKPM juga akan hadir pada peresmian MPP Batam yang sudah telah membuka pelayanan perizinan kepada masyarakat dan investor sejak beberapa waktu lalu.

Keunggulan MPP Kota Batam melayani sebanyak 416 pelayanan perizinan. Selain itu, Mall yang berada di Batam Center ini juga dilengkapi dengan area bermain untuk anak-anak, ruang menyusui dan balai pernikahan. Semua fasilitas tersebut dapat dinikmati masyarakat secara gratis.

Walikota Batam HM Rudi melalui Kepala Dinas Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM PTSP) Kota Batam Gustian Riau mengatakan, rencananya para kepala daerah dan sejumlah menteri tersebut akan hadir pada saat acara peresmian MPP Batam.

"Peresmiannya pukul 10.00 WIB. Undangan yang datang nanti Menpan RB, Menteri BUMN, Menkumham, Kapolri, Kejagung, Mendagri dan Kepala BKPM," kata Gustian dikutip FokusRiau.Com dari antara.

Dikatakan, MPP Kota Batam dijadikan contoh oleh pemerintah pusat dan merupakan yang terbesar karena memiliki 416 pelayanan. MPP yang ada di DKI Jakarta, Kota Surabaya dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur hanya melayani kurang dari 400 perizinan.

“Sebelum diresmikan MPP Kota Batam ini sudah melakukan pelayanan terutama dari Badan Pengusahaan Batam dan Pemko Batam, terkait perizinan investasi di Kota Batam,” ujarnya. 

Menurutnya, saat peresmian nantinya akan hadir 10 Gubernur di Sumatera dan perwakilan 170 kabupaten/kota yang siap hadir dalam peresmian MPP Kota Batam. Mereka juga akan membuat MPP di wilayahnya masing-masing. 

Sebelumnya, awal Januari ini dua perusahaan asal negara Tiongkok, yaitu PT Panca Costa Investment dan Hong Sheng Plastic Industry memanfaatkan mall ini untuk berinvestasi di Batam merek menikmati program izin investasi 3 jam (i23j) milik Badan Pengusahaan Batam di MPP Batam. (indra h piliang)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus