Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Terkait Pernyataan Kontroversial Donald Trump, Jokowi Tegaskan Dukung Palestina

Kamis, 07 Desember 2017

Presiden RI dan Presiden AS saat bertemu pada KTT G20 di Hamburg.(Foto: Republika)

JAKARTA-Presiden RI Joko Widodo mengecam keras pernnyataan Presiden AS, Donald Trump yang mengeluarkan pernyataan kontroversial yang menyatakan bahwa AS mengakui Yerussalem sebagai ibukota Israel. Jokowi meminta AS untuk mempertimbangkan kembali keputusan itu.

Menurut Jokowi, permasalahan Yerusalem tak terpisahkan dari kemerdekaan Palestina. Sikap RI dalam hal ini sesuai dengan UUD 1945, bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa.

Ditegaskan Jokowi, dalam isu Palestina, sikap RI tidak pernah berubah. RI tetap konsisten dengan rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaannya. Dalam beberapa kali kesempatan, Jokowi kerap menyatakan memberi dukungan untuk kemerdekaan Palestina.

Pernyataan Trump itu disebutnya sebagai pernyataan sepihak, Jokowi meminta lembaga internasional mengambil tindakan tegas.

Seperti dilansir dari fokusriau.com dari liputan6.com, sebagai bentuk dukungan kepada Palestina, RI membuka Konsulat Kehormatan di Ramallah dan terus mendorong ASEAN dan PBB mendukung kemerdekaan Palestina.

Jokowi merasa Indonesia mempunyai peran penting untuk mempersatukan negara-negara Islam anggota OKI untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

Presiden juga telah memerintahkan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi untuk memanggil Duta Besar AS, Joseph R Donovan.

Diketahui, Donald Trump pada Rabu waktu Washington secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Keputusannya tersebut bertentangan dengan kebijakan luar negeri AS yang telah berjalan selama tujuh dekade.

Pengumuman Trump sekaligus menandai langkah awal pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.(andi affandi)


Berita terkait :

    Terkini
    Terpopuler



     
    situs portal berita riau
    fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus