Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Ternyata Jagung Miliki 5 Manfaat untuk Kecantikan, Apa Saja?

Kamis, 28 November 2019

Ilustrasi jagung. (Foto:Pixabay)

PEKANBARU-Jagung yang masih muda ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan. Bahkan dulunya, butiran jagung segar terkenal sebagai resep pengobatan bekas luka cacar. Pengobatan ini ternyata bisa juga diterapkan untuk perawatan kulit wajah di zaman sekarang.

Jagung segar, terutama yang muda merupakan sumber vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin C, vitamin E serta kandungan bermanfaat lainnya. Minyak alami di dalamnya juga mengandung linoleic acid yang ampuh untuk melawan jerawat dan merangsang kulit untuk membentuk kolagen.

Manfaat jagung untuk kecantikan dipengaruhi oleh berbagai kandungan nutrisi tersebut. Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalam jagung muda ini disinyalir mampu menutrisi kulit baik dari luar maupun dari dalam.

Berikut rangkuman dari berbagai sumber, Kamis (28/11/2019) tentang manfaat jagung untuk kecantikan. 

1. Menghilangkan Bekas Luka dan Jerawat
Manfaat jagung untuk kecantikan yang pertama adalah dapat menghilangkan bekas luka dan jerawat. Jagung muda telah dipercaya sebagian besar masyarakat untuk menghilangkan bekas luka pada kulit. 

Luka pada kulit bisa terjadi karena iritasi, cacar air maupun jerawat. Mengoleskan minyak jagung ataupun jagung muda yang telah dihaluskan bisa membantu kulit menjadi lebih bersih.

Seperti halnya bekas luka cacar di wajah, masker jagung muda tumbuk juga bisa membantu memudarkan bekas jerawat. Hal ini didapatkan karena kandungan vitamin E di dalamnya yang cukup tinggi.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati
Manfaat jagung untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati bisa terangkat saat kamu menggunakan masker jagung muda. Antioksidan dan pati jagung disinyalir sebagai bahan alami yang baik untuk mengangkat sel kulit mati.

Konsumsi jagung manis secara teratur jika ingin kulit kamu terlihat senantiasa muda. Kandungan antioksidan di dalam jagung manis akan menjadikan kulit awet muda lebih lama. Jadi, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah penuaan dini.

3. Mencegah Kerusakan Kulit Dari Sinar UV
Sebagai sumber beta-karoten yang baik, tidak heran jika jagung kuning muda dan masih segar disebut-sebut sebagai pelindung kulit dari sinar UV. Vitamin C dan likopen di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen.

Karena itulah, jagung muda dikatakan mampu meningkatkan produksi kolagen dimana hal ini membantu kulit menjadi lebih sehat dan halus. Sementara asam linoleat yang dikandung jagung manis akan mencegah dan mengobati jerawat.

4. Memperbaiki Tekstur Kulit
Melalui masker jagung muda bisa membantu kamu memiliki kulit yang halus dan bersih. Kandungan vitamin C, vitamin A dan lycopene dalam jagung muda disinyalir bisa membuat kulit lebih halus.

Konsumsi jagung manis secara teratur akan menjadikan kulit wajah bercahaya. Begitu juga dengan pemijatan menggunakan minyak jagung secara teratur. Karena kandungan vitamin dan mineral esensial inilah tekstur kulit akan terlihat lebih baik.

5. Menyegarkan Kulit dan Mengatasi Iritasi
Selain itu, jagung muda yang telah dihaluskan memiliki khasiat untuk menyegarkan kulit. Kandungan air dan vitamin di dalamnya membantu kulit nampak lebih segar, sehat serta bersih.

Pati jagung digunakan sebagai bahan dalam sejumlah produk kosmetik, sebab bahan ini bisa menenangkan ruam dan iritasi kulit.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menumbuk jagung manis dan menggunakannya sebagai masker. Bisa juga dicampur dengan madu atau yogurt untuk khasiat yang lebih baik. Terapkan pada wajah yang sudah bersih dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih. (*)


 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Liputan6.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus