Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Kolom

Tiga Hal Yang Mencelakakan

Minggu, 02 September 2012


Oleh: Yuhendri Syarif S.Ag *

Nabi Muhammad SAW mengingatkan kita dalam sebuah hadis yang menyebutkan, ada tiga hal yang akan menjadikan kita celaka dalam hidup. Baik itu hidup di dunia maupun hidup di akhirat. Ketiga hal itu adalah, pertama memperturutkan hawa nafsu. Kedua kikir dan terakhir sombong. 

Nafsu yang Allah berikan kepada kita adalah nikmat yang harus kita syukuri. Dan cara kita mensyukuri nikmat itu dengan mengendalikan hawa nafsu dan menyalurkan dijalan yang diridhai Allah. Nafsu yang ada dalam diri kita ibarat api yang menyala, jika dia masih kecil bisa kita kendalikan dan akan berguna bagi kelangsungan hidup kita. Tapi jika besar dan meraja lela, maka sulit untuk dikendalikan dan akhirnya dia menjadi sesuatu yang mencelakan kita.

Allah mengingatkan kita dalam Alquran agar kita tidak memperturutkan hawa nafsu, karena dia akan menggelincirkan kita dari jalan Allah. Banyak orang-orang hebat di dunia ini yang tenggelam dan menjadi dihina, karena dia terperosok ke lembah hina akibat memperturutkan hawa nafsu. Kita berharap, dengan ibadah puasa kita menjadi kuat dalam mengendalikan hawa nafsu dan tidak malah dikendalikan hawa nafsu.

Kedua sifat kikir. Ini juga termasuk sesuatu yang akan mencelakakan kita. Orang yang yang kikir akan dibenci Allah dan manusia. Manusia merupakan makhluk sosial yang tak bisa hidup sendiri, karena dia harus bersosialisasi. Dan salah satu cara memupuk sifat sosial itu, kita harus mau berbagi dengan sesama. Banyak orang dibenci dalam tengah masyarakat karena kikir. Bahkan tak jarang dia dicelakai orang lain. Kita berharap, melalui salat dan puasa bisa menjadikan kita orang yang mau berbagi dengan sesama.

Selanjutnya sifat sombong. Nabi Muhammad menjelaskan, sifat sombong terlihat dalam dua hal, yaitu menolak kebenaran dan merendahkan orang lain. Orang yang sombong mudah tergelincir, karena tak mau diingatkan ketika dia tersalah, bahkan dia merendahkan orang yang mengingatkannya. Padahal sebagai manusia, kita tidak akan terlepas dari kesalahan dan kekhilafan.

Iblis sendiri diusir dari surga Allah, karena sombong. Maka kita yang berharap menjadi penghuni surga Allah jelas tak akan mungkin bisa masuk surga  jika kita sombong. Untuk itu, marilah kita kikis dan buang jauh sifat-sifat yang tidak disukai Allah tersebut. Semoga kita tidak menjadi manusia yang celaka. Amiiiin. (***)

*Guru Pesantren Sabbihisma di Kota Padang


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus