Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Sport

Tim Balap ST. George Continental Cycling Australia Juarai Etape II Tour de Siak 2018

Rabu, 19 September 2018

Para pembalap menyelesaikan etape kedua. (Foto:Istimewa)

SIAK-Tim balap ST. George Continental Cycling Team dari Australia tampil trengginas dengan kembali menjadi juara etape II balap sepeda Tour de Siak 2018 dengan rute Siak-Bungaraya-Sungai Apit-Siak (pergi pulang) dengan jarak tempuh 115,41 kilometer.

Adalah Benjamin Dyball yang berhasil finish di urutan pertama dengan catatan waktu 02.30.07 detik. Pembalap asli warga negara Australia ini berhasil mengungguli 58 pembalap lainnya, setelah roda sepedanya menerobos garis finish di Jalan Raja Kecik depan RSUD Tengku Rafi'an Siak, Rabu (19/9/2018) sore.

Di posisi kedua ada nama Mohd Harrif Saleh dari Terengganu Cycling Team Malaysia dengan waktu 02:30.54 detik. Sedangkan diposisi ketiga, Mohammad Izzat Hilmi Abd Halil dari Sapura Cycling Team Malaysia dengan waktu 02:30.54 detik.

Race Director Tour de Siak 2018 Sondi Sampurno menyebut, etape kedua lebih menarik daripada etape pertama. Sebab sampai di daerah Sungai Apit, hujan turun yang membuat para pembalap agak kesulitan memacu sepedanya dan recovery (pemulihan) dulu.

"Walau recovery karena hujan, Benjamin Dyball masih tetap stabil. Dia memang memiliki kekuatan lebih. Dan bisa saya simpulkan, iven TdSi tahun ini yang mendominasi adalah ST. George Continental Cycling Team," kata Sondi.

Padahal kata Sondi, dari start pertama di depan Istana Siak sampai Sungai Apit, pembalap masih satu pleton dan belum ada yang terpisah. Bahkan mereka masih satu rombongan besar saat balik dari Sungai Apit menuju Siak.

Lalu, kurang lebih sekitar 40 kilometer sebelum finish, dua pembalap melepaskan diri dari rombongan besar tersebut. Satu diantaranya Benjamin Dyball. Namun itu tidak bertahan lama. Menjelang 30 kilometer sebelum finish, pembalap yang lepaskan diri dengan Benjamin Dyball dari pleton, masuk lagi ke rombongan besar.

"Sebenarnya, kedua pembalap itu satu tim di ST. George Continental Cycling Team. Setelah pembalap masuk lagi ke rombongan besar, maka jarak Benjamin Dyball dengan pembalap lainnya semakin jauh. Mulai dari 1 menit, 2 menit dan terkahir sampai garis finish jarak Benjamin Dyball dengan pembalap lainnya 2 menit," jelas Sondi.

Dikatakan, etape kedua ini tidak ada insiden apapun. Bahkan cukup baik. Dia juga memuji warga Siak disepanjang jalan yang cukup tertib. "Mudah-murahan besok lebih lancar lagi dari pada hari ini. Tadi penontonnya juga sangat ramai dan tidak membahayakan. Cukup tertib," kata Sondi.

Berbeda dengan etape pertama. Etape kedua ini pembalap tidak ada yang didiskualifikasi. Sebab semua pembalap sampai di garis finish dan tidak ada yang mengalami kecelakan. "Kalau kemaren pembalap didiskualifikasi karena tidak sanggup menyelesaikan balapan hingga ke garis finis. Bahkan satu tim (ISSI Siak Riau). Lainnya karena 3 pembalap mengalami kecelakaan. Maka untuk etape berikutnya, jumlah pembalap yang ikut sama dengan hari ini, yakni 59 pembalap," tukasnya. (*)





Penulis: Satria Donald
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus