Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Tanoto Foundation Jalin Kerjasama dengan Pemkab Siak

Selasa, 07 Agustus 2018

Stuart menyerahkan MoU kerjasama kepada Bupati Syamsuar. (Foto:Istimewa)

SIAK-Pemerintah Kabupaten Siak menggandeng Yayasan Bhakti Tanoto atau Tanoto Foundation dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Kerjasama ditandai dengan kesepakatan bersama yang ditandatangani Bupati Syamsuar dan Stuart Weston mewakili Ketua Yayasan Bhakti Tanoto, Selasa (7/8/2018) di Kantor Bupati Siak.

Stuart Weston menyebut, program tersebut dirancang untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia. Hasil yang diharapkan dari kerja sama ini ungkapnya, adalah peningkatan kualitas pengajar (guru) dalam sekolah terkait pembelajaran dan manajemen sekolah yang baik.

“Kami berkomitmen meningkatkan potensi setiap anak untuk mewujudkan masa depannya yang lebih baik, melalui bahan pembelajaran yang tidak hanya fokus pada teori,” ulas Stuart yang begitu fasih berbahasa Indonesia.

Untuk tahap awal, kerjasama berlangsung 3 tahun dan Yayasan akan melatih kepala sekolah dan guru-guru di 28 sekolah terpilih untuk meningkatkan kapasistasnya dalam mengimplementasikan pembelajaran aktif, manajemen sekolah dan budaya baca.

Bupati Syamsuar menyambut baik program yang dilaksanakan Yayasan Tanoto ini. Dia berharap, melalui program ini bisa meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan hingga ke pelosok kampung. Dirinya mengaku sudah lama mengetahui kontribusi Tanoto Foundation dalam pendidikan di Indonesia

“Kami atas nama pemkab Siak mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Bhakti Tanoto yang peduli dengan mutu pendidikan di kabupaten Siak,” ujarnya.

Bupati Siak dua periode tersebut tampak begitu antusias, karena Tanoto Foundation memiliki program peningkatan kualitas pendidikan yang bekerjasama dengan kementerian pendidikan, kementerian agama, kemenristekdikti, pemerintah kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

“Dengan adanya program ini diharapkan tak ada lagi istilah sekolah unggulan, karena mutu sekolah dan pendidikan sudah merata keseluruh kampung,” kata Syamsuar.

Sementara Lila Delila, salah seorang peserta usai acara mengatakan, kualitas pendidikan di daerah, salah satunya ditentukan oleh kualitas para gurunya. Guru yang berkompeten akan bisa mendidik anak-anak menjadi manusia unggul yang bisa berkontribusi bagi kemajuan daerah dan bangsa.

“Kami sangat mendukung dengan program ini, apalagi pihak yayasan tersebut sangat komit membantu untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan kita di daerah,” kata guru SMPN 1 Sungai Apit itu.

Dari 28 guru dan kepala sekolah di Siak yang terpilih, terdiri dari 16 sekolah dasar (SD), 4 Madrasah Ibtidayah (MI), 6 SMP dan 2 Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang berada di 4 kecamatan yakni, Siak, Mempura, Sabak Auh dan Sungai Apit.

Tanoto Foundation merupakan lembaga nirlaba yang didirikan oleh Sukanto Tanoto bersama Tinah Bingei Tanoto dengan fokus pada penyediaan dana untuk mendukung program pendidikan serta pemberdayaan.

Bantuan yang diberikan berupa teknis pelatihan dan pendampingan untuk guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan pengawas sekolah dalam meningkatkan kualitas sekolah. Melalui program Pelita Pendidikan akan bersinergi dengan program-program pemerintah yang pelaksanaannya difokuskan pada wilayah yang belum tercakup oleh program sejenis.

Lokasi sekolah dan madrasah mitra yang dipilih ada di daerah perkolotaan dan dipedesaan agar ada alternative pilihan sekolah acuan yang berhasil dalam mengembangkan pembelajaran aktif, dan budaya baca untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (*)




Penulis: Satria Donald
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus