Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

Tingkatkan Kualitas SDM, Unisi Ramli Walid Sebagai Dosen Tetap

Kamis, 28 Desember 2017

DR HM Ramli Walid. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Komitmen Universitas Islam Indragiri (Unisi) dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan terus ditunjukan. Salah satunya dengan mendatangkan staf pengajar atau dosen berkualitas agar bisa menghasilkan para lulusan yang berkualitas.

Salah satu dosen tetap yang didatangkan Unisi adalah DR HM Ramli Walid. Mantan Direktur Politeknik Pertanian Tembilahan tersebut sudah disahkan sebagai dosen tetap Fakultas Ekonomi Unisi Tembilahan melalui SK Yayasan Tasik Gemilang dengan nomor: 86/YTG-IH/XI/2016. 

"Kehadiran Mantan Kepala Bappeda Riau tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas lulusan Unisi," kata Ketua Dewan Pembina Yayasan Tasik Gemilang, Indra Muchlis Adnan kepada FokusRiau.Com, siang tadi di Pekanbaru.   

Menurutnya, pengalaman dan kapasitas Ramli Walid sudah tidak perlu diragukan. Karena itu, dirinya mengaku senang dengan kehadiran Ramli Walid dalam jajaran staf pengajar Unisi. "Kita berharap, kehadiran beliau bisa meningkatkan kualitas lulusan Unisi, khususnya fakultas ekonomi ke depanya," ujar Indra.

Sebagai informasi, Unisi merupakan cikal bakal dari keinginan Yayasan Pendidikan Datuk Bandar (YPDB) dalam meningkatkan sumber daya manusia di bidang pendidikan. Karena itu, sebelum ada Unisi hanya ada Sekolah Tinggi Ekonomi Sri Gemilang di Tembilahan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi mengantongi izin Dirjen Dikti Depdikbud Nomor: 2559/D/TR/97 tanggal 20 Oktober 1997, sekaligus menjadi langkah lanjutan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi di Indragiri Hilir. 

Pendiriannya didasari atas Surat Rekomendasi Kopertis X (Sumatera Barat-Riau-Jambi) Nomor: 287/004/KL/1999 tanggal 23 April 1999 serta hasil penilaian dan observasi Ditjen Dikti Depdikbud RI bulan juli 1999 yang kemudian dituangkan dalam Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor: 17/D/O/1999 tanggal 13 Juli 1999 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sri Gemilang di Tembilahan.

Tahun 2007, atas prakarsa dan ide dari Dr H Indra Mukhlis Adnan SH, MH dibentuklah Yayasan Tasik Gemilang. Yayasan ini diketuai Drs H Syamsurizal Awi, MP dengan Sekretaris Hj. Irianti Kusdiningsih SH, MH dan Bendahara H Fauzar SE, MP yang bertugas mempersiapkan berdirinya Unisi di Tembilahan. 
Sebagai langkah awal, dilakukan penggabungan antara STIE Sri Gemilang dengan Polteknik Pertanian Indragiri. Upaya tersebut terealisasi dengan terbitnya Surat Keputusan Mentri Pendidikan Nasional RI Nomor 86/D/O/2008 tanggal 22 Mei 2008 tentang pemberian izin penyelenggaraan Program Studi baru dan penggabungan STIE Sri Gemilang dengan Politeknik Pertanian menjadi Universitas Islam Indragiri yang diselenggarakan oleh Yayasan Tasik Gemilang di Tembilahan Indragiri Hilir.

Unisi terdiri dari lima fakultas dan 11 Program Studi yang diresmikan tanggal 16 Juni 2008 di Gedung Engku kelana Tembilahan dan dihadiri Bupati Indragiri Hilir Dr H Indra Mukhlis Adnan SH, MH dan Dirjen Dikiti Fasli Jalal. Dalam peresmian tersebut juga dilakukan pelantikan Prof Dr H Sufian SH, MSi sebagai Rektor Universitas Islam Indragiri pertama.

Sekarang, keberadaan Unisi telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Inhil. Ribuan alumni juga sudah dihasilkan dan sudah bekerja di berbagai bidang. (satria donald)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus