Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Kota Padang Sosialiasikan Pemilu kepada Nelayan

Senin, 24 September 2018

Ilustrasi nelayan. (Foto:Istimewa)

PADANG-Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan sosialisasi, demi menggenjot tingkat partisipasi pemilih di Pemilu 2019 mendatang. Salah satunya seperti yang dilakukan KPU Kota Padang, Sumatera Barat. Mereka menggelar sosialisasi di sebuah perkampungan nelayan di Pasie Jambak, Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Sabtu kemarin.

Profesi nelayan menjadi salah satu sasaran sosialisasi, karena dianggap memiliki akses yang minim terhadap informasi mengenai Pemilu 2019. Dalam acara sosialisasi yang mengangkat tema "Pendidikan Pemilih, Forum Warga Berbasis Keluarga" tersebut, KPU Kota Padang berhasil mendatangkan 30 Kepala Keluarga (KK).

"Kita menilai bahwa sangat penting untuk memberikan pendidikan pemilih bagi warga keluarga nelayan yang berada di daerah pantai Kota Padang. Dalam kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 30 orang dari keluarga nelayan," ujar Komisioner KPU Kota Padang Riki Eka Putra, Sabtu kemarin.

Disebutkan, sosialisasi fokus pada penyampaian nilai-nilai penting yang bisa diperoleh oleh masyarakat, terutama nelayan, bila menggunakan hak pilihnya. KPU Kota Padang mencoba meyakinkan para keluarga nelayan bahwa mereka pun memiliki peran penting untuk menentukan nasib Bangsa Indonesia ke depan, melalui Pemilu 2019.

"Masyarakat Kota Padang harus bisa menentukan pilihan mereka untuk kemajuan negara Indonesia serta Kota Padang khususnya," katanya.

Kasubag Teknis Pemilu dan Hupmas KPU Kota Padang Sutrisno menyebut, sosialisasi semacam ini penting dilakukan karena masih banyak warga yang belum memahami jadwal Pemilu 2019 dan partai politik apa saja yang terlibat. Semakin banyak KPU mendekatkan diri dengan masyarakat, dia yakin tingkat partisipasi masyarakat akan semakin tinggi. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Republika.co.id


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus