Situs Portal Berita Riau
suzuki ertiga
facebook twitter fokusriau on google plus
citilink
Fokus UtamaTitik Api di Riau Bertambah

Minggu, 17 Juni 2012 - 17:12:27 WIB


PEKANBARU-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru menyebutkan, pertumbuhan titik api di Provinsi Riau semakin banyak akibat kemarau dan maraknya kebakaran hutan atau lahan di sejumlah wilayah. Sekarang ini, di beberapa wilayah di Riau sudah terdapat 44 titik api. Hal ini akan memicu tebalnya kabut asap dibeberapa wilayah. 

"Saat ini saja, data terakhir yang kami rangkum ditemukan sebanyak 44 titik api di Riau," kata Aristya Arditama, analis lembaga pemantau cuaca, Minggu (17/6). Menurutnya, ttik api tersebut tersebar di berbagai wilayah kabupaten/kota di Riau, dimana titik api terbanyak berlokasi di Kabupaten Pelalawan dengan jumlah sekitar 13 titik api. Kemudian di Kabupaten Kuantan Singingi juga ada tujuh titik api dan di Kabupaten Kampar serta Indragiri Hulu, masing-masing enam titik api.

"Sementara untuk Kabupaten Indragiri Hilir ada sebanyak empat titik api," katanya. Selanjutnya, untuk Kabupaten Rokan Hilir dan Rokan Hulu masing-masing terdapat tiga titik api, Bengkalis dan Siak masing-masingnya satu titik api. Pertumbuhan titik di Riau mengalami peningkatan cukup signifikan dan kurun waktu beberapa hari terakhir.

Sebelumnya, titik api di Riau hanya sekitar 30 sebaran dan telah sempat memunculkan kabut asap di sebagian besar daratan Riau. "Kabut asap saat ini bahkan lebih tampak tebal hingga terasa perih di mata dan mengganggu jarak pandang, terutama pagi hari," ujarnya.

Dikatakan, untuk temperaturan udara terdeteksi hari ini berada di 33-35 derajat Celsius. Suhu udara diatas 33 derajat Celsius menurutnya sudah terasa menyengat tubuh manusian dan dapat menurunkan stamina. "Untuk mengantisipasi gangguan kesehatan, masyarakat sebaiknya banyak mengkonsumsi air mineral dan vitamin. Untuk masyarakat pertanian diharapkan tidak melakukan pembakaran lahan karena dapat menyebabkan kemunculan titik api dan kabut asap," tukasnya. (ant)


Berita terkait :


Terkini
Terpopuler




 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus