Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Otomotif

Toyota akan Bangun Basis Pabrik Produksi di Karawang

Rabu, 08 Mei 2013


JAKARTA-Toyota Motor Coporation (TMC) memutuskan, Indonesia menjadi basis produksi mereka. Dua sumber internal Toyota Indonesia yang mengetahui rencana itu mengatakan, keputusan tersebut akan segera diumumkan prinsipal dalam dua bulan ke depan.

"Juni nanti akan diumumkan perakitan Yaris di Indonesia," kata salah satu sumber, beberapa waktu lalu. Untuk merakit hatchback ini, akan memanfaatkan pabrik kedua PT Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

Saat ini, pabrik berkapasitas 140.000 unit setahun ini baru merakit Etios Valco dengan target 70.000-80.000 unit sampai akhir 2013. Sumber kedua Toyota Indonesia menjelaskan, keputusan prinsipal mengalihkan basis produksi Yaris ke Indonesia karena Toyota Thailand akan memproduksi produk Eco Car sesuai program yang digulirkan pemerintah di Negeri Gajah Putih tersebut.

Untuk menghindari ketergantungan pada Thailand, tanggung jawab Yaris kemudian dialihkan ke Karawang. Sama seperti ketika prinsipal (TMC) mengalihkan produksi Fortuner ke Indonesia mulai tahun lalu. "Perakitan Yaris dimulai akhir tahun ini atau awal tahun depan," tukasnya.

Pengalaman akibat banjir di Thailand akhir 2011 menyadarkan Toyota untuk tidak bergantung pada satu basis produksi saja. Keputusan merakit Yaris juga berkaitan dengan semakin besarnya komitmen Toyota Motor Corporation terhadap Indonesia dengan investasi besar akhir tahun lalu.

Akio Toyoda, Presiden Direktur dan CEO TMC akhir 2012 lalu mengumumkan, kelompok Toyota siap menambah nilai investasi sampai Rp26 triliun di Indonesia dan dicairkan bertahap sampai 2020. Tahap awal dicairkan Rp13 triliun sudah dikucurkan untuk periode 5 tahun ke depan melalui enam perusahaan, yakni Toyota Motor Corporation (TMC), Toyota Auto Body Co Ltd (TAB), Toyota Tsusho Corporation (TT), Aisin Seiki Co Ltd (AS), Denso Corp dan Daihatsu Motor Co Ltd (DMC).

Toyota juga sudah menyiapkan 150 hektare lahan untuk menunjang rencana jangka panjang di Karawang, Jawa Barat. Properti ini disiapkan untuk membangun pabrik mesin baru dan pabrik ketiga Toyota di Indonesia, jika penjualan mobil terus terus tumbuh. (kps/lin)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus