Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Bengkalis

Tradisi Pemasangan Lampu Colok di Bengkalis Menjadi Hiburan Warga

Sabtu, 01 Juni 2019

Salah satu tampilan lampu colok. (Foto:M Rafii/FokusRiau.Com)

BENGKALIS-Pemasangan lampu colok pada malam 27 bulan Ramadan sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Bengkalis, Riau. Kegiatan tersebut kini telah menjadi hiburan bagi masyarakat. Ini terlihat dengan sesaknya jalanan oleh masyarakat yang menyaksikan festival lampu colok.

Pantauan di lapangan, beraneka corak dan gambar lampu colok dibuat di setiap jalan di Kecamatan Bengkalis. Misalkan di Desa Pedekik. Dengan gambar masjid berbentuk tiga dimensi yang terlihat indah, ditambah gambar ucapan selamat hari raya yang disediakan untuk para pengunjung yang ingin berfoto selfi berhasil menarik perhatian pengunjung. 

Maulana, salah seorang pengunjung saat berbincang-bincang kepada awak media mengaku begitu senang menyaksikan tradisi lampu colok. Menurutnya, pemasangan lampu colok sekarang semakin inovatif, terlihat dengan corak gambar tiga dimensi yang sekarang dibuat di rata-rata desa yang dikunjungi.

Maulana berharap, lampu colok sebagai tradisi baik di Bengkalis, namun MUI dan para mubalig diminta tetap mengingatkan masyarakat, terutama tentang keutamaan Ramadan. Jangan karena tradisi, banyak masjid dan musholla sepi akibat ditinggalkan jamaah yang memilih nonton lampu colok.

"Pemasangan lampu colok sekarang begitu inovatif. Dengan motif gambar tiga dimensi dan adanya tempat berfoto selfi bagi para pengunjung terasa sangat menyenangkan," kata Maulana, Sabtu (31/5/2019).

Maulana mengaku senang bisa berjalan-jalan menyaksikan lampu colok bersama-sama temannya usai salat taraweh. "Keutamaan bulan Ramadan tetap kita jaga Insyaallah. Semoga para ulama dan ustad terus menyampaikan kepada umat agar dengan tradisi lampu colok tidak mengurangi semangat beribadah masyarakat," ujarnya. (*)








Penulis: M Rafii
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus