Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Ubah Daun Nanas Jadi Besek, Upaya Pertamina Berbagi dengan Semangat Cinta Lingkungan

Minggu, 11 Agustus 2019

Besek jadi pembungkus daging hewan kurban. (Foto:Dika CP/FokusRiau.Com)

DUMAI-Konsistensi kampanye "Beat Plastic Pollution" PT Pertamina (Persero) Refinery Unit II terus berlanjut. Sempena Idul Adha, Pertamina menyalurkan hewan kurban dengan mengubah bungkus plastik menjadi besek. 

Tak hanya terbuat dari anyaman bambu, Pertamina tahun ini menggandeng mitra binaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dalam membuat besek dari daun tanaman nanas. Program kurban dengan sentuhan cinta lingkungan ini, memasuki tahun kedua penyelenggaraan sejak pertama kali dijalankan tahun lalu. 

General Manager Pertamina RU II M. Dharmariza memimpin langsung Green Qurban usai salat Idul Adha di Masjid Al Muhajirin Komplek Pertamina Bukit Datuk Dumai, Minggu (11/8/2019). 

Di sela kegiatan, Dharmariza mengungkapkan, program Green Qurban merupakan tindak lanjut dari kampanye "Beat Plastic Pollution" yang sejak 2018 telah dijalankan. Awalnya, kampanye ini dilakukan untuk mengurangi konsumsi air mineral dalam kemasan dan diganti dengan penggunaan botol minuman isi ulang atau tumblr. 

Dengan semangat yang sama, pada Idul Adha tahun 2018, dimulailah penggunaan besek bambu sebagai pengganti plastik. Selain ramah lingkungan, penggunaan besek bambu juga memberikan nuansa kearifan lokal Indonesia mengingat jenis kantong ini sudah digunakan turun temurun oleh masyarakat Indonesia. 

"Alhamdulillah tahun ini Pertamina RU II kembali berkesempatan melaksanakan program Green Qurban. Tidak sekadar berbagi hewan qurban, kami pun ingin mengangkat pesan cinta lingkungan dengan menggunakan besek sebagai pengganti kantong plastik", ungkap Dharmariza. 

Dijelaskan, tahun ini panitia pemotongan hewan kurban Pertamina RU II yang dimotori Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina terkumpul 53 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Jumlah itu setara dengan sekitar 4.770 kg daging sehingga pihaknya mempersiapkan kurang lebih 2.500 besek bambu dan nanas sebagai wadah pembagian daging qurban. 

Selain besek bambu yang dibeli dari pengrajin, tahun ini Pertamina RU II juga mengerahkan mitra binaan TJSL-nya dalam membuat besek daun nanas. 

Selain membagikan hewan qurban di lingkungan Masjid Al Muhajirin, tahun ini Pertamina berpartisipasi di beberapa masjid dan musala. Sebanyak 24 ekor sapi didistribusikan ke 13 Masjid, 6 Musala, 4 Pondok Pesantren, 1 Panti Asuhan serta melalui 6 Lembaga atau instansi di antaranya Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Dumai dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Tanjung Palas. (*)



Penulis: Dika CP
Editor: Evi Endri


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus