Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Ujian Naional SMP Sederajat Besok Diikuti 9.357 Siswa

Minggu, 21 April 2013


BENGKALIS-Sebanyak 9.357 siswa kelas III SMP sederajat di Kabupaten Bengkalis, Senin (22/4) mulai melakanakan ujian nasional. Selain itu, masih ada sebanyak 297 orang peserta ujian paket B yang juga akan mengikuti ujian nasional.

Demikian data yang disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Hj.Erna Susilastuti, akhir pekan lalu. Secara rinci, dari 9.357 siswa yang mengikuti ujian, sebanyak 7.600 siswa berasal dari SMP sementara sisanya sebanyak 1.757 merupakan siswa MTs. Sedangkan peserta ujian paket B berjumlah 297 orang.

“Seperti halnya UN SMA sederajat yang baru selesai dilaksanakan, persiapan jelang pelaksanaan UN SMP juga sudah cukup matang dan tidak ada persoalan krusial. Baik menyangkut materi soal maupun pengawasan lapangan, menurut Erna, sudah terkoordinasi dengan baik dan tinggal menunggu pelaksanaannya,” ujar Erna.

Berbeda dengan UN SMA, koordinator pelaksananya dilakukan perguruan tinggi, maka UN SMP akan dikoordinir langsung Dinas Pendidikan. Menurut Sekretaris Pelaksana UN Bengkalis, Alfansuri, untuk pelaksanaan UN SMP sederajat akan dikoordinir langsung Dinas Pendidikan BEngkalis. “Kendati demikian, seluruh pengawas satuan pendidikan akan tetap ikut mengawasi,” katanya.

Seperti halnya UN SMA, untuk UN SMP telah ditetapkan 12 titik penyimpanan naskah soal yang tersebar di 8 kecamatan di Kabupaten Bengkalis. Seluruh naskah soal dan kelengkapan UN akan ditempatkan di titik penyimpanan terakhir dan mendapat pengawasan ketat dari aparat kepolisian dan pengawas dari perguruan tinggi.

Di sisi lain, Ketua Komisi IV DPRD Bengkalis, Sofyan mengharapkan, UN tahun ini seluruh siswa sudah mempersiapkan diri sepenuhnya. UN merupakan mekanisme yang memang harus diikuti siswa untuk bisa lulus, jadi tidak perlu ditakuti. Dia yakin, semua siswa sudah mempersiapkan diri sejak awal dan semuanya akan berjalan mudah.

“Jangan terlalu tegang, santai saja. Kalau persiapan sudah dilakukan sejak awal, yakinlah soal-soal akan bisa dijawab dengan mudah,” katanya. (dal)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus