Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Unggul di Semua Kecamatan, Syamsuar-Edy Nasution Raih 69,22 Persen Suara di Kabupaten Siak

Jumat, 06 Juli 2018

Rapat Pleno KPU Siak. (Foto:Satria Donald/FokusRiau.Com)

SIAK-Ketangguhan pasangan nomor urut 1 Syamsuar-Edy Natar Nasution tak terbendung di Kabupaten Siak. Dari 14 kecamatan yang ada, tak satu pun pasangan yang diusung PAN, PKS dan NasDem ini kalah. Bahkan, persentase kemenangan mencapai 69,22 persen. Ini membuktikan, keinginan masyarakat Siak agar Bupati Siak ini maju menjadi gubernur Riau sangat tinggi.

Pantauan FokusRiau.com, berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau tahun 2018 tingkat Kabupaten Siak di Gedung Mahratu Kota Siak Sri Indrapura, Jumat (6/7/2018), pasangan nomor urut 1 meraih suara 110.020 (69,22 persen). Disusul paslon nomor urut 4, dengan raihan suara 24.743 (15,57 persen), kemudian paslon nomor urut 3, 12.157 suara (7,65 persen) dan terakhir paslon nomor urut 2, 12.023 suara (7,56 persen).

Dari perolehan suara itu, diketahui jumlah suara sah 158.943 dan suara tidak sah 2.691. Jumlah suara sah dan tidak sah sebanyak 161.634 dari 261.286 daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Siak. Rapat pleno yang dilaksanakan KPU Kabupaten Siak itu sekaligus menjabarkan partipasi masyarakat Siak pada pilgubri tanggal 27 Juni lalu hanya 61,23 persen atau hampir 40 persen warga tak menggunakan hak pilihnya alias golput.

Ketua KPU Siak Sariman menjelaskan, selama pleno berlangsung tidak ada kendala yang dihadapi. Semua saksi menerima hasil rekapitulasi suara yang dibacakan masing-masing PPK se Kabupaten Siak.

"Alhamdullilah, rapat pleno ini berjalan lancar. Selanjutnya, kita mengirim semua berkas ini ke KPU provinsi yang dikawal pihak kepolisian, sebagai bahan pleno KPU Riau dalam beberapa hari ke depan," ujar Sariman.

Ketua Panwaslu Siak M Royani menilai masih ditemukan persoalan dilapangan terkait jumlah DPT di kecamatan. Terdapat DPT yang jumlahnya berlebih dan ada juga berkurang. "Masalah ini hendaknya menjadi catatan serius oleh KPU Siak untuk melakukan perbaikan, sehingga saat Pileg dan Pilpres tahun 2019 hal ini tak terulang lagi," ujarnya.

Pada rapat pleno itu juga dihadiri  Wakil Bupati Alfedri, Asisten I Setdakab Budhi L Yuwono, Kepala Kantor Kesbangpol Hasmizal, Kabag Ren Polres Siak Kompol Burhanuddin, Ketua Panwaslu Siak M Royani, Anggota KPU Riau Abdul Hamid, Ketua PPK se Kabupaten Siak dan ratusan undangan lainnya. (*)
 
 
 
 


Penulis: Satria Donald
Editor: Boy Surya Hamta 


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus