Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Advetorial

Upaya Kesbangpol Pekanbaru Sukseskan Pilkada 2018, Tanamkan Kearifan Politik di Masyarakat!

Selasa, 31 Oktober 2017

Kesbangpol Pekanbaru melakukan sosialisasi kepada stakeholder jelang Pilkada. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pekanbaru terus berupaya menanamkan kearifan dalam berpolitik di masyarakat. Ini dilakukan untuk menciptakan karakter masyarakat dengan pandangan politik santun dan beretika. Apalagi tahun 2018 mendatang akan ada pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Riau. 

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pekanbaru Agus Pramono melalui Sekretaris Hj Lili Suryani mengatakan, Pemko Pekanbaru ingin mewujudkan Pekanbaru Smart City Madani.

“Kondisi politik yang aman dan sejuk merupakan salah satu  bagian dari program tersebut. Karena itu, Kesbangpol sebagai salah satu organisai perangkat daerah (OPD) di Pemko Pekanbaru, sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) bertangung jawab menciptakan iklim politik yang sejuk,” terangnya.

Menjelang Pilkada 2018 mendatang, Kesbangpol Pekanbaru telah melakukan sosialisasi politik praktis bagi perangkat organisasi kemasyarakatan. Antara lain Partai Politik peserta Pemilu, LSM, Paguyuban dan berbagai Furum-forum kemasyarakatan yang ada di Pekanbaru.
 
 
Menjelang Pilkada 2018, Kesbangpol Pekanbaru melakukan sosialisasi politik praktis bagi masyarakat. (Foto:Istimewa) 
 
Penyuluhan atau sosialisasi tersebut sampai Agustus lalu telah dilakukan dua kali. “Penyuluhan atau sosialisasi  politik praktis ini penting bagi masyarakat, untuk memberikan pemahaman hak dan kewajibannya dalam pilkada 2018, salah satu hak politiknya,” sebutnya.

Diharapkan, dengan sosialisasi tersebut, Pilkada bisa berjalan baik dan tidak ada intrik membahayakan serta mengancam persatuan dan kesatuan. “Selain itu, politik praktis diharapkan juga akan menambah kesadaran berpolitik bagi tiap warga, sehingga bisa menaikkan tingkat partisipasi dan menekan pemilih  golongan putih (golput),” tukasnya. 

Di sisi lain, Agus Pramono mengatakan, kalangan perempuan diyakini bisa ikut meningkatkan partisipasi di Pilkada mendatang. Menurut Agus, kaum perempuan terutama ibu-ibu bisa menularkan semangat berpartisipasi dalam pilkada, terutama pemilihan gubernur (pilgub) tahun depan.
 
 
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pekanbaru Agus Pramono berbincang dengan wartawan. (Foto: Istimewa) 
 
"Saya yakin kaum perempuan atau ibu-ibulah yang bisa meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan pilkada. Ibu-ibu yang bisa menularkan kepada kaum bapak-bapak untuk ikut serta memilih," ujarnya, beberapa waktu lalu.

Agus mengatakan, kaum perempuan atau ibu-ibu bisa menjadi pengawal yang tangguh dalam pelaksanaan pilkada mendatang. "Kalau ibu-ibu ikut mengkawal pilkada dengan menjadi saksi, tidak ada lagi yang mau macam-macam," tukasnya. (adv Kesbangpol)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus