Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Berita Islami

UPZ Se-Kuansing Dikukuhkan, Baznas Salurkan Bantuan Usaha Ekonomi Produktif Rp1,3 Miliar

Selasa, 07 November 2017

Plt Sekdakab Muharlius (dua dari kanan) usai menyalurkan zakat. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com)

KUANSING-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Selasa (7/11/2017) mengukuhkan Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) kecamatan di Kuansing periode 2017-2022 di ruangan Multimedia Kantor Bupati.

Pengukuhan dihadiri Plt Sekdakab H Muharlius, Wakil Baznas Provinsi Riau Muhammad Erwin, Forkopimda dan 102 pengurus UPZ Kecamatan di Kuansing. Ketua BAZNAS Kuansing Drs H Chaidir Arifin menyebutkan, pengukuhan dilakukan atas Undang-undang Nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat Jo. 23 PP Nomor 14 tahun 2014. Inpres Nomor 3 tahun 2014 dan PERBAZNAS Nomor 2 tahun 2016.

Dikatakan, fungsi UPZ untuk membantu Baznas dalam pengumpulan zakat pada entinitas tertentu, seperti pemerintah, BUMN/ BUMD, swasta. Pengurus UPZ secara struktural bertanggung jawab kepada pimpinan entinitas masing-masing.

Chaidir memaparkan, hasil Baznas Kuansing yang sudah terkumpul dari hasil laporan bank selama tahun 2017 sebesar Rp5.659.700.509 dan yang sudah tersalurkan Rp5.231.977.500. "Hari ini kita akan menyalurkan secara simbolis bantuan zakat guna usaha ekonomi produktif sebesar Rp1,3 miliar untuk 150 orang mustahik. Bantuan langsung diterima Ketua UPZ Kecamatan Kuantan Tengah disaksikan Camat Kuantan Tengah. "Program Baznas merupakan realisasi program Kuansing sehat Kuansing cerdas," tuturnya.

Sementara itu, H Muharlius menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus UPZ yang sudah dilantik. Dari data Baznas menyebutkan, sumber zakat sampai hari ini 95 persen berasal dari pegawai negeri dan hanya 5 persen dari non pegawai negeri. 

Tentu ini merupakan tugas pemerintah bersama Baznas untuk lebih pro aktif dalam mensosialisasikan program zakat umat. Di mana zakat merupakan kewajiban umat Islam untuk membersikan harta. (jhon hendri)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus