Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Usai Memberikan Keterangan ke Bawaslu, Firdaus Akui Dukung Jokowi Atas Nama Walikota Pekanbaru

Selasa, 23 Oktober 2018

Walikota Pekanbaru Firdaus MT di Bawaslu Riau. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Walikota Pekanbaru DR Firdaus mengakui mendukung Presiden sekaligus Capres nomor urut 1 Jokowi atas nama jabatannya, bukan pribadi. Karena Firdaus mengaku sebagai bagian dari pemerintah pusat.

"Saya ini Walikota, pak Jokowi Presiden, sebagai bahagian dari pemerintah pusat maka meski mendukung Presiden Joko Widodo," kata Firdaus usai memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau, Selasa siang di Pekanbaru.

Sebelumnya, Firdaus mendatangi Bawaslu untuk memberikan keterangan terkait kehadiran dirinya pada acara deklarasi dukungan 11 kepala daerah di Riau terhadap pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Maruf Amin di salah satu hotel Pekanbaru, Rabu (10/10/2018) lalu.

Firdaus memenuhi undangan kedua dari Bawaslu Riau, setelah pada undangan pertama tidak bisa hadir. Firdaus tiba di Kantor Bawaslu Riau pukul 12.09 WIB. Dia disambut Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan. 

Saat ditanyakan apakah Firdaus mendukung Jokowi sebagai Calon Presiden, dia  menegaskan, dukungan yang diberikannya tersebut semata atas nama jabatan sebagai Walikota kepada Presiden. Sementara dukungan pribadi, tidak mungkin dipublis karena rahasia. "Kalau dukungan atas nama pribadi itu rahasia," ujar DR Firdaus.

Rusidi Rusdan sendiri membenarkan, Walikota Firdaus sudah memenuhi undangan dan memberikan keterangan terkait deklarasi dukungan 11 kepala daerah di Riau terhadap pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Maruf Amin. Rusidi mengatakan, pihaknya bersama Gakkumdu telah meminta klarifikasi kebenaran dukungan tersebut.

"Kita formasi lengkap bersama Sentra Gakkumdu, dan sudah meminta keterangan Wali Kota Pekanbaru dengan 28 pertanyaan. Kalau materi pertanyaan masih belum bisa kita publish, nanti di kesimpulan baru bisa," kata Rusidi.    
    
Untuk diketahui, DR Firdaus merupakan kepala daerah kedua setelah Bupati Rokan Hulu Sukiman memenuhi undangan Bawaslu Riau. Masih ada sembilan kepala daerah lagi yang belum memenuhi panggilan Bawaslu dari 11 yang ikut deklarasi. Bawaslu menyatakan, pejabat yang lain belum ada konfirmasi. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Antara


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus