Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Sport

Van Gaal Tertarik Melatih Klub Premier League

Sabtu, 01 Juni 2013


BELANDA-Louis van Gaal tengah bersiap meninggalkan Timnas Belanda, setelah menyelesaikan tugasnya membawa Tim Orange di Piala Dunia 2014 mendatang.

Dia sangat ingin menghabiskan sisa karir kepelatihannya dengan mengarsiteki salah satu klub Premier League. Ternyata gemerlap Premier telah menarik minat Van Gaal untuk menutup karirnya di Inggris. Jumat (31/5) kemarin, pelatih berusia 61 tahun itu mengaku ingin menuntaskan karirnya bersama Tim Orange tahun 2014 mendatang. Van Gaal juga berambisi membawa Arjen Robben cs lolos ke Brasil tahun depan.

"Saya mengambil pekerjaan ini dengan catatan membawa Belanda lolos ke putaran selanjutnya Piala Dunia 2014. Setelah lolos, kami akan melakukan apa saja untuk memenangkannya, setelah itu baru saya akan berhenti melatih mereka," ujar Van Gal seperti dilansir Sky Sports.

Mantan pelatih Ajax Amsterdam dan Barcelona FC itu berambisi mencicipi atmosfer Liga Inggris setelah Piala Dunia. "Saya juga berharap bisa melatih salah satu klub EPL pada musim depan. Jika hal itu akan terjadi, maka banyak pertimbangan yang harus dibicarakan dengan istri saya," tukasnya.

Seperti diketahui, Van Gaal melatih Ajax mulai tahun 1991-1997 dan mengalami banyak kesuksesan di sana. Dalam kepelatihannya, Ajax menjadi juara the Eredivisie tiga kali. Dia juga membawa Ajax menjadi juara Piala KNVB 1993 dan Johan Cruijff Shield dari tahun 1993-1995. Di kompetisi Eropa, dia membawa Ajax juara Piala UEFA 1992 dan Liga Champions 1995. Tahun 1995, Ajax menjadi juara Piala Toyota.

Tahun 1997, dia pindah ke Barcelona membantu tim Catalan menjadi 2 kali juara liga. Meski sukses, dia banyak dikritik dan akhirnya mundur di 3 musim selanjutnya. Kemudian dia menjadi pelatih tim nasional Belanda dalam kualifikasi Piala Dunia 2002. Karena gagal lolos ke putara final Piala Dunia 2002, dia digantikan Dick Advocaat. van Gaal akhirnya kembali ke Barcelona sebelum akhirnya mundur lagi setelah melatih setengah tahun.

Tahun 2005, dia menggantikan Co Adriaanse sebagai pelatih AZ. Di musim 2006-2007, dia membawa AZ duduk di peringkat ketiga klasemen Eredivisie. Dia akhirnya berhasil membawa AZ menjadi juara Eredivisie pada musim 2008-2009. Pada 1 Juli 2009, van Gaal menjadi pelatih Bayern Munich. Van Gaal menganggap klubnya sebagai klub impian.

Dia bertahan di Allianz Arena sampai tahun 2012. Pasca gelaran Euro Juni 2012, Van Gaal didapuk menggantikan Bert van Marwijk di kursi kepelatihan timnas Belanda. Dan sekarang, van Gaal ingin mengakhiri karirnya bersama salah satu klub Premier League. (sky/bsh)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus