Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Inhil

Wabup Lepas Keberangkatan JCH Inhil Kloter 8

Kamis, 28 November 2013


TEMBILAHAN-Wakil Bupati, Rosman Malomo, Sabtu (14/9) pagi melepas keberangkatan Jamaah Calon Haji Kabupaten Inhil Kloter 08 di Masjid Agung Al Huda Tembilahan. Wabup mengatakan, Ibadah Haji merupakan perjalanan suci yang memerlukan kesiapan fisik dan mental serta pengetahuan tentang proses pelaksanaan ibadahnya. Sebagai rukun Islam ke-5, ibadah haji diwajibkan bagi muslim yang mampu.

Pengertian mampu ditinjau dari berbagai aspek, yaitu keuangan, kesehatan, kendaraan angkutan dan ilmu pengetahuan. Namun yang lebih utama lagi adalah panggilan dari Allah SWT untuk bertamu ke rumah Allah.

“Untuk mencapai Haji yang mabrur, hal utama yang perlu ditekankan adalah niat. Karena luruskan niat bahwa ibadah yang akan kita laksanakan di tanah suci semata-mata karena Allah SWT, karena hanya dengan niat yang tulus dan lurus, Insya Allah kita mendapatkan kekhusukkan dalam melaksanakan serangkaian ibadah, turut pula meningkatkan kualitas ibadah haji,” tutur Rosman.

Dijelaskan, ibadah haji adalah perjalanan suci dari satu tempat ke tempat lain tentunya, perjalanan ini menuntut kesiapan. Karenanya diharapkan para jamaah menjaga kesehatan dan kebugaran fisik, dengan cara memperhatikan dan mengikuti aturan-aturan pola makan dan istirahat, demi maksimalnya ibadah dilaksanakan kelak di tanah suci.

“Saya juga ingin berpesan kepada keluarga yang melepas keberangkatan anggota keluarganya menunaikan ibadah haji, agar memberi restu dan senantiasa mengirimkan doa. Insya Allah, dengan doa yang tulus jamaah haji kita dengan tenang meninggalkan keluarga dan kampung halaman hingga fokus beribadah serta mampu menunaikan Rukun Islam yang ke-5 ini hingga akhirnya kembali berkumpul bersama kita,” tambahnya.

Kepala Kantor Kamenag Kabupaten Inhil, melalui Kasi Haji dan Umrah, Harun menjelaskan, keberangkatan 445 JCH Inhil yang tergabung dalam kloter 8 ini, akan diangkut dengan 7 kali penerbangan, selama dua hari berturut-turut, melalui jalur udara dengan Maskapai Wings Air dari Bandara Indragiri Tempuling menuju Embarkasi Batam. "Hari ini, sebanyak 185 JCH diberangkatkan terlebih dahulu, dengan tiga kali penerbangan. Kemudian, sisanya sebanyak 259 JCH, akan menyusul keberangkatan, Senin (16/9) dengan 4 kali penerbangan,” terang Harun.

Dijelaskan, sebelum diberangkatkan, JCH terlebih dahulu dikumpulkan di Masjid Agung Al-Huda Tembilahan sekitar pukul 04.00 WIB. Untuk selanjutnya, diberangkatkan ke Bandara Indragiri Tempuling, menggunakan bus yang sudah disediakan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Inhil.

Sementara untuk JCH yang tergabung dalam kloter 12 sebanyak 138 orang, akan dikumpulkan di Masjid Al Huda Tembilahan pada tanggal 18 September, guna diberikan pengarahan seperti pada JCH kloter sebelumnya. Selanjutnya, tanggal 19 September akan dilepas ditempat yang sama, serta dengan memakai pakaian yang telah ditetapkan sebelumnya.

“JCH kloter 12 mulai diberangkatkan menuju Embarkasi Batam pada tanggal 20 September, dengan dua kali penerbangan. Setelah sampai di Batam, JCH Inhil akan bergabung dengan JCH dari Rengat dan Pekanbaru, untuk bersama-sama diberangkatkan menuju Arab Saudi,” tambahnya.

Untuk diketahui, rencananya keberangkatan JCH asal Kabupaten Inhil tahun 1434 H atau 2013 M ini, akan diikuti sebanyak 583 JCH. Namun, dikarenakan 2 JCH sedang dalam keadaan hamil, maka keberangkatannya ditunda terlebih dahulu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil. (adv/hms)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus