Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Rohil

Wacana Pemekaran Kabupaten Rohil, Suyatno: Sebaiknya Semua Pihak Berembuk

Sabtu, 26 Maret 2016

Bupati Rokan Hilir, Suyatno. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)

BAGAN SIAPIAPI-Bupati Rokan Hilir, Suyatno menangapi santai wacana pemekaran Kabupaten Rokan Hilir menjadi dua kabupaten baru, yakni Kabupaten Rokan Tengah dan Kubu.

"Biasa-biasa saja, tapi kalau ada wacana tersebut sebaiknya semua pihak berembuk dulu dan dibahas bersama," kata Suyatno, Jumat (25/3/2016).

Dirinya juga mempertanyakan masa depan Kabupaten Rokan Hilir, apabila nantinya wacana pemekaran tersebut terus berjalan dan disetujui. "Nanti kalau dimekarkan apa jadinya kabupaten induk, DBH kurang saja dinas-dinas sudah kalang kabut," katanya.

Bukan hanya di Rohil, wacana pemekaran kabupaten juga terjadi di Kabupaten lain seperti Rokan Hulu dan Bengkalis. "Di Bengkalis juga ingin Kecamatan Mandau dibentuk jadi Kota Madya, sementara untuk di Rohil saya dengar katanya mau membentuk Kabupaten Rokan Tengah, kalau serius undang tokoh-tokoh dan orang-orang tua kita. Karena untuk melakukan pemekaran tidaklah mudah dan harus dipikirkan secara matang," ulasnya.

Sementara itu, sejumlah anggota DPRD Rohil sebelumnya telah menggelar rapat luar biasa secara tertutup untuk membahas percepatan pemekaran Kabupaten Rokan Hilir yang rencananya akan memekarkan Kabupaten Rokan Tengah dan Kubu.

Anggota Komisi A DPRD Rohil, Afrizal mengaku setuju dengan rencana pemekaran Kabupaten Rokan Tengah yang menurutnya akan lebih banyak menimbulkan perubahan terhadap perkembangan masyarakat dan persaingan secara global. "Mudah-mudahan apa yang kita harapkan bersama segera terwujud," tukasnya.

Leonard Situmorang, anggota DPRD Rohil ini juga menyetujui wacana pemekaran wilayah. Bahkan dia berpendapat, dibentuknya kabupaten baru dapat meningkatkan percepatan pembangunan daerah. "Setidaknya dengan adanya pemekaran itu dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat," ujarnya. (adv/hms)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus