Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Wakapolda Kepri Nyatakan Kawasan Wisata Bintan Aman dan Nyaman Dikunjungi

Senin, 01 Januari 2018

Wakapolda Kepulauan Riau Brigjen Pol Yan Fitri menyambut wisatawan. (Foto:Istimewa)

BINTAN-Wakapolda Kepulauan Riau Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah menyatakan, kawasan wisata Bintan merupakan tempat yang aman dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan.

Karena itu, untuk menunjang program pemerintah di sektor pariwisata, dirinya menargetkan, tahun 2018 destinasi wisata di Kepri tidak hanya Bintan yang akan memperoleh prioritas pengamanan, namun objek wisata lainnya. Dengan kondisi yang aman dan nyaman, diharapkan kunjungan wisatawan akan terus meningkat.

“Perlu adanya pengamanan khusus agar wisatawan yang berkunjung ke Bintan dan Kepulauan Riau lebih aman dan nyaman,” kata Brigjen Pol Yan bersama Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam kala menyambut wisatawan perdana tahun 2018 ke Bintan di pelabuhan Bandar Bentan Telani, Kawasan Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong, Bintan, Senin (1/1/2018).

Dijelaskan, kunjungan wisatawan kawasan wisata Lagoi setiap tahun terus meningkat. Dilihat dari data yang disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Bintan  Luki Zaiman Prawira, kunjungan wisatawan tahun 2017 menunjukan trend peningkatan.

"Dihitung dari Januari-Oktober 2017, kunjungan wisatawan ke bintan sebanyak 293.483 orang. Sedangkan November-Desember 2017 mencapai 72.000 orang atau total keseluruhan tahun 2017 mencapai 364.483 orang," paparnya.

Selain itu, menurut Yan, keragaman Kepulauan Riau juga sangat kondusif. Itu terlihat dari setiap perayaan hari besar keagamaan dan acara besar lainnya, selalu berjalan sukses tanpa gangguan keamanan.

Sementara itu, Dalmasri Syam menyampaikan, Kepri merupakan daerah yang menyumbang kunjungan wisatawan mancanegara terbanyak setelah Bali dan Jakarta. "Tentunya Kepulauan Riau dengan menduduki peringkat ke tiga nasional, butuh sebuah komitmen dalam memberikan kenyamanan bagi para wisatawan luar negeri maupun nusantara,” ujarnya.

Bentuk keseriusan tersebut disampaikan Wakapolda, dimana prioritas Polda Kepri pada tahun 2018 adalah pengamanan objek-objek vital yang ada di Kepulauan Riau, termasuk daerah pariwisata yang ada di pulau Bintan guna mendongkrak jumlah wisatawan yang akan berkunjung ke Kepulauan Riau.

"Maka itu perlu adanya kerjasama pemerintah dan masyarakat untuk dapat menciptakan dunia usaha baru selain pariwisata agar dapat saling menopang antara dunia pariwisata dan ekonomi masyarakat, seperti industri rumahan yang ada kaitannya dengan dunia pariwisata, selain dapat meningkatkan PAD daerah, ekonomi masyarakat juga dapat meningkat,” ucapnya.

Diharapkan, ke depan pariwisata di Bintan terus menjadi yang terbaik di kancah nasional maupun internasional. Penyambutan wisatawan perdana di Bintan juga dihadiri Sekda Adi Prihantara, Kapolres AKBP Boy Herlambang, Kadis Pariwisata Kepri Buralimar, Kadis Pariwisata Bintan Luki Zaiman, S.STP, Kepala DPKAD Bintan M. Setioso dan Kakan Satpol PP Bintan Moh. Ikhsan Amin. (indra h piliang)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus