Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Warga Awasi Land Clearing, Watno: Operasional PT Citra Diminta Berhenti Sementara

Rabu, 07 Maret 2018

Camat Batang Pranap Watno. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Untuk memastikan kebun warga tidak terganggu atau terpakai saat aktivitas land clearing yang dilakukan PT Citra di lahan perkebunannya, Rabu (7/3/2018) puluhan warga mendatangi lokasi. Warga tersebut berasal dari Dusun IV, V dan VI Desa Punti Kayu, Kecamatan Batang Pranap, Inhu, Riau.

Camat Batang Pranap Watno meminta pihak perusahaan untuk sementara menghentikan aktifitasnya, sebelum ada penyelesaian menyangkut batas desa. "Ini penting dilakukan untuk mengantisipasi potensi bentrok antara warga dengan perusahaan," kata Watno kepada FokusRiau.Com yang dihubungi melalui ponselnya.

Dikatakan, pihaknya sudah turun ke lapangan untuk memastikan izin perusahaan yang sudah terbit tahun 2003 tersebut benar ada di lahan seluas 16.500 hektare meliputi Kecamatan Pranap dan Batang Peranap.

Diketahui, perusahaan tersebut bermitra dengan warga Desa Pesajian, Kecamatan Peranap. Namun kenyataannya, izin areal lahan perusahaan tersebut sampai ke Desa Punti Kayu, Kecamatan Batang Peranap.

Karena itu, menurut Watno, sebelum ada penyelesaian batas desa, pihak PT Citra diminta untuk jangan dulu melakukan aktifitas. "Sebab lahan warga tersebut bukan lahan kosong, tapi sudah ada tanaman sawit dan karet bahkan sudah ada yang produksi. Kita tak ingin ada bentrok saat pengerjaan oleh perusahaan. Makanya kita minta berhenti sementara sampai izin sesuai dengan kondisi lapangan," katanya. (obrin)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus