Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Warga Tanah Merah Inhu Keluhkan Kerusakan Jalan

Senin, 27 Agustus 2012


PASIR PENYU-Warga Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu mengeluh terhadap Kondisi Jalan Ampera yang rusak berat. Kerusakan jalan diduga karena tingginya aktivitas kendaraan milik PT Tunggal Perkasa Plantations (TPP) yang memuat buah hasil perkebunannya. Terhadap kerusakan jalan yang ditimbulkan, pihak perusahan seakan tidak peduli dan terkesan lepas tangan.

Kondisi ini mengundang kekecewaan warga terhadap sikap perusahaan. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu diharapkan bisa turun tangan mengatasi persoalan tersebut. Sebab, jalan tersebut merupakan akses penting bagi warga setempat dalam berkegiatan. Sebab, Jalan Ampera tersebut merupakan jalan utama di Kelurahan Tanah Merah.
 
Salah seorang warga Tanah Merah, Edi mengungkapkan kekecewaannya terhadap perusahaan. "Kita tahu beberapa anggota DPRD Inhu berasal dari Pasir Penyu, namun kenapa mereka terkesan tutup mata dengan kondisi ini. Seharusnya mereka yang mengaku wakil rakyat membantu masyarakat untuk memperjuangkan perbaikan kondisi jalan ini. Ini menyangkut kepentingan masyarakat ramai, jadi anggota dewan jangan tutup mata," ujarnya, Senin (27/8).
 
Menurutnya, sebagai wakil rakyat, anggota dewan harusnya berusaha memfasilitasi pertemuan antara perusahaan dengan Pemkab Inhu untuk mencari solusi bagaimana jalan ini bisa baik kembali. Saat ini, kondisi Jalan Ampera memang parah. Lobang menganga di sana sini dan bila turun hujan, jalan berlobang akan berubahn menjadi kubangan. Jangankan untuk dilewati kendaraan roda empat, kendaraan roda dua saja sulit untuk lewat. "Kita kasihan melihat anak-anak yang berangkat sekolah dari Tanah Merah, belum apa-apa pakaian mereka sudah kotor," tukasnya.
 
Ironisnya, Jalan Ampera ini merupakan jalan Kabupaten dan menjadi tanggung jawab Pemkab untuk melakukan perawatan. Makanya, diharapkan Pemkab Inhu bisa menekan PT TPP untuk membantu memperbaiki dan memelihara jalan tersebut. "PT. TPP jangan mau hasil saja, tapi tolong ikut memperbaiki kerusakan yang terjadi karena ulah mereka," harapnya.
 
Di tempat terpisah, Lurah Tanah Merah, Afrianto A.Md mengaku sudah berupaya mengajukan perbaikan Jalan Ampera tersebut kepada Pemkab Inhu melalui Dinas PU, namun sejauh ini belum ada tanggapan. "Kita sangat berharap, kerusakan Jalan Ampera segera ditanggapi. Apalagi tahun 2007 lalu, jalan ini sudah dilakukan pengerasan, namun sampai sekarang belum juga dilakukan pengasapalan," tukasnya. (her/btr)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus