Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Waspadai Vitamin C dan Soft Drink, Bisa Sebabkan Batu Ginjal

Sabtu, 30 November 2019

Ilustrasi buah-buahan. (Foto:KapanLagi)

PEKANBARU-Batu Ginjal sering dialami seseorang, akibat dampak tidak menjaga pola makan yang sehat. Makanan-makanan tinggi purin, protein dan terlalu manis dipercaya menjadi salah satu faktor terbentuknya batu ginjal.

Dalam program Health Corner, dr. Susanti dari Medical Center Kompas Gramedia membenarkan kalau vitamin C dapat mendekatkan seseorang kepada penyakit batu ginjal.

“Vitamin C adalah kebutuhan tubuh, kalau wanita sekitar 75 mg sedangkan pria 90 mg. Sedangkan suplemen vitamin c biasanya 500, 1000 hingga 2000 mg. Jadi jauh lebih tinggi dari kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan tubuh setiap harinya,” ulas dr. Susanti.

dr. Susanti mengajurkan untuk tidak terlalu berlebihan ketika mengonsumsi suplemen vitamin C, terlebih jika kondisi tubuh sedang tidak enak badan. “Dosis yang beredar dipasaran itu rata-rata 250 hingga 2000 mg, jadi akan tetap lebih besar,” katanya.

Ia menganjurkan untuk lebih memilih vitamin c dari bahan-bahan alami seperti buah jeruk, strawberry, kiwi, nanas dan papaya. “Buah tadi itu memiliki kadar yang sama antara 80 hingga 90 mg, jadi sudah cukup,” ujarnya.

Jika Anda tidak bisa mengonsumsi buah, sayur juga bisa menjadi pilihan baik lainnya seperti sayur brokoli, kembang kol, ataupun paprika. Selain vitamin C, minuman soft drink juga menjadi salah satu penyebab lainnya.

Tak dipungkiri kalau soft drink ternyata dapat membantu membentuk sebuah batu yang berada disaluran kemih. “Jadi memang sebaiknya soft drink dihindari, kopi juga sebaiknya dibatasi karena kopi sifatnya diuretik,” ujar dr. Susanti.

Jadi yang paling baik, lebih baik minum air putih dibandingkan dengan minuman soft drink. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Sonora.id


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus