Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Zulfan: BPBP Harus Petakan Daerah Rawan Bencana

Selasa, 23 April 2013


BENGKALIS-Staf ahli Bupati Bengkalis, H Zulfan Herry meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah melakukan pemetaan daerah rawan bencana. Hal itu sebagai langkah antisipasi terhadap berbagai kemungkinan bencana dan penanganan yang harus dilakukan.

Hal itu disampaikan Zulfan dalam Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Penanggulangan dan Bencana Daerah, Senin (22/4) di Bengkalis. Menurutnya, fakta yang terjadi selama ini, bencana kerap melanda Bengkalis dan Riau umumnya merupakan kebakaran lahan dan hutan, banjir dan angin puting beliung. Untuk itu, perlu dilakukan pemetaan daerah rawan bencana, terutama bencana kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi.

“Dalam upaya penanggulangan bencana kebakaran lahan dan hutan, BPBD Kabupaten Bengkalis harus melakukan pemetaan kawasan rawan bencana, sehingga ketika bencana datang kita sudah siap menanggulanginya,” kata Zulfan.

Dikatakan, tugas pemerintah melakukan identifikasi, menganalisis dan mengambil tindakan pencegahan dan mitigasi. Sehingga dapat mengurangi tingkat risiko suatu bencana. Terlebih akhir-akhir ini semakin meningkatnya intensitas bencana dan keragamannya. Karena itu, upaya penanggulangan bencana perlu ditangani komprehensif, multi sektor, terpadu dan terkoordinasi.

Ditambahkan, Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, telah merubah paradigma penanggulangan bencana selama ini. Penanganan bencana tidak lagi melakukan pada aspek tanggap darurat, tetapi lebih menekankan pada keseluruhan manajemen risiko bencana sebagai respon dari perubahan paradigma penangulangan bencana dimana dalam ketentuan umumnya.

Dalam beberapa terakhir, Bengkalis dihadapkan dengan bencana kebakaran lahan. Sejauh ini, BPBD Damkar sudah bekerja keras memadamkan kebakaran tersebut. “Dalam upaya penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan ini, saya minta untuk meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait maupun perusahaan yang memiliki Regu Pemadam Kebakaran (RPK) serta kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA). Karena koordinasi yang baik saat menanggulangi bencana yang diperlukan, sehingga mampu mengatasi segala persoalan yang hadapi secara maksimal,” harapnya.

Zulfan mengimbau seluruh masyarakat untuk senantiasa siaga terhadap kemungkinan bencana yang bisa terjadi kapan dan di mana saja dan mengajak seluruh masyarakat, untuk segera melapor kepada pihak yang berwenang agar penanganan cepat bisa dilakukan sehingga mengurangi resiko kerugian. “Saya ingin menyampaikan apresiasi kepada petugas lapangan yang berjuang memadamkan kebakaran hutan dan lahan dalam beberapa hari ini. Jaga stamina dan kesehatan selama bertugas,” ujar Zulfan. (dal)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus