Home    

Dari Ajang IIMS 2018: Honda PCX Hybrid Mulai Debut Perdana, Dihargai Rp40 Juta-an
Jumat, 20 April 2018 - 11:40:10 WIB

Dari Ajang IIMS 2018: Honda PCX Hybrid Mulai Debut Perdana, Dihargai Rp40 Juta-an

JAKARTA-Untuk pertama kali di dunia, Astra Honda Motor (AHM) mengenalkan skuter matik berjenis hybrid di Indonesia melalui PCX di perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Kamis kemarin. Sebagai pionir di dunia, Honda memastikan akan merakit lokal secara masal motor tersebut di pabriknya di Cikarang, Jawa Barat.

"All New Honda PCX Hybrid hadir untuk memberi pengalaman berkendara yang berbeda melalui performa yang unggul dan fitur-fitur berkelas dan dibalut inovasi teknologi yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia," kata Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma.

Skutik yang diracik anak bangsa ini memiliki teknologi hybrid yang akan bekerja saat tuas gas diputar dengan cepat. Motor assist yang ditenagai oleh baterai lithium-ion akan meningkatkan torsi sehingga membuat sensasi akselerasi lebih responsif.

Seperti PCX konvensional, motor ini menggendong mesin berkubikasi 149,3cc. Bedanya PCX hybrid memakai baterai yang terdiri dari beragam tipe, seperti di antaranya MF tipe 12 volt dan lithium-ion tipe 50.4 v- 4 Ah.

Dengan kolaborasi antara kedua sektor tersebut, tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 14,4 hp pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,2 Nm pada 6.500 rpm. Dari sisi tampilan, motor ini masih sama dengan PCX konvensional. Perbedaan utama hanya terletak pada logo berdesain mewah, All New Honda PCX Hybrid dengan warna Hybrid Blue dan tambahan logo hybrid di sisi bodi. 

Selain itu skutik ini dilengkapi fitur baru full digital panel meter untuk menampilkan beragam informasi tambahan seputar mode berkendara, level pengisian baterai dan indikator baterai Lithium.

Kemudian, motor tersebut juga memiliki mode berkendara pada stang di sisi kiri. Mode ini akan berfungsi saat motor assist memberikan dukungan tenaga, dimana mode tersebut terbagi menjadi tiga mode pilihan yang memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan kebutuhan pengendara. 

Mode 'D' (drive) merupakan mode standar saat mesin motor dinyalakan, dengan begitu pengendara bisa merasakan performa bertenaga tapi hemat bahan bakar. Selanjutnya mode 'S' (sport mode) untuk pengendara yang ingin merasakan akselerasi lebih responsif dibanding mode D. Lalu mode 'idling', pengendara dapat menghentikan fungsi dari fitur Idling Stop System (performa tenaga sama seperti mode D).

"Hadirnya PCX Hybrid yang diproduksi anak bangsa merupakan wujud kesiapan kami terhadap perkembangan sepeda motor melalui teknologi hybrid," ucap Executive Vice President Director AHM Johannes Loman.

Meski belum memastikan kapan motor itu bakal dijual, Loman mengungkapkan PCX hybrid nantinya akan tersedia di seluruh Wing dealer dan Big Wing dealer Honda pada awal semester dua tahun ini. Motor itu rencananya akan dibanderol dengan harga menyentuh Rp40 juta-an. (*)



Editor : Boy Surya Hamta
Sumber : CNNIndonesia.com






CAPELLA DINAMIK NUSANTARA

Jl. Soekarno-Hatta - Pekanbaru
Telp: (0761) 7892111 - 7892088

berita sebelumnya
 
       
 
  oneheart