Home    

Juarai AHMBS 2018 Regional Riau, Siswi SMAN 1 Tanah Putih Ini Bersiap di Ajang Nasional
Selasa, 10 Juli 2018 - 19:42:03 WIB

Juarai AHMBS 2018 Regional Riau, Siswi SMAN 1 Tanah Putih Ini Bersiap di Ajang Nasional

PEKANBARU-Perasaan senang bercampur haru dan bangga tengah dirasakan Siti Minarda (17), setelah dinobatkan sebagai juara I di ajang Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2018 regional Riau, Selasa (10/7/2018). Atas keberhasilannya, siswi kelas XII IPA inipun akan terbang ke Jakarta mengikuti ajang serupa tingkat nasional dan mewakili Riau, 31 Juli sampai 3 Agustus mendatang. 

Untuk regional Riau, Siti berhasil menjadi yang terbaik setelah menumbangkan kontestan lainnya melalui karya tulis ilmiah, sekaligus bidang wirausaha Kerupuk Labu Cinu yang digelutinya. Hebatnya, berkat usaha yang sudah dirintisnya sejak 2016 silam tersebut, Siti mampu membiayai sekolahnya tanpa harus membebani kedua orang tuanya. 

"Saya sudah mulai (berwirausaha) sejak 2016. Awalnya coba-coba. Kebetulan di daerah tempat tinggal saya (Rohil) terkenal sama buah Labu Cinu. Dari bakat membuat kue, saya dibantu ibu kemudian mulai membuat Kerupuk Labu Cinu. Alhamdulillah sampai sekarang masih jalan dan sudah dipasarkan juga di Rohil," ujarnya. 

Dia mengisahkan, dalam menjalankan bisnis itu, dia bisa membuat 50 bungkus Kerupuk Labu Cinu sekali produksi. Untuk menarik minat konsumsen, Siti mengaku awalnya berpromosi melalui medsos seperti Facebook dan Instagram. Hasilnya, jualannya laku keras, apalagi harganya juga sangatlah murah, hanya Rp5 ribu per bungkus. 

"Saya pengen mengembangkan lagi usaha itu dan berharap bisa memasarkan ke daerah lain di luar Rohil. Untuk ke Jakarta nanti, persiapan saya cuma mental sama belajar menjadi pembicara yang lebih baik lagi," gumamnya. 

Honda Customer Care Manager Main Dealer Honda wilayah Riau Daratan, Capella Dinamik Nusantara (CDN) Donni Darwin Marpaung mengatakan, AHMBS 2018 merupakan kegiatan sosial dari perusahaan yang bertujuan memajukan dunia pendidikan. Dilakukan rutin setiap tahun, AHMBS 2018 menjadi pelaksanaan tahun yang ke 10 di Riau dan tahun ke 16 secara nasional. Mengangkat tema The Millennial Race of Young Entrepreneur, kegiatan itu sendiri diikuti oleh para siswa/i berprestasi dari 10 SMA/SMK/MAN sederajat di Riau. 

"Para peserta berkompetisi lewat karya tulis ilmiah hasil dari penelitian sendiri dan dari bidang usaha yang sudah dijalankan. Melalui kegiatan ini, kita (CDN) ingin melahirkan para wirausahawan muda berbakat di Riau. Tahun ini ada 16 karya tulis ilmiah yang kita terima, kita seleksi lagi menjadi 10 besar sampai akhirnya menentukan pemenang," sebutnya. 

Ditambahkan, dari hasil kegiatan yang telah dilaksanakan selama 2 hari sejak 9-10 Juli didapatkanlah tiga pemenang. Juara 3 diraih Satri Syafira dari MAN 1 Kepulauan Meranti dengan karya Dodol Jepara. Juara 2, Niswatul Watsiqoh dari MAN 1 Kepulauan Meranti dengan karya Briket Uyung Sagu dan Juara 1 diperoleh Siti Minarda (17) dari SMAN 1 Tanah Putih dengan karyanya Kerupuk Labu Cinu. 

Masing-masing pemenang berhak membawa pulang piala, medali, sertifikat dan uang tunai jutaan rupiah. "Khusus untuk juara I akan kita kirim ke Jakarta mewakili Riau di ajang AHMBS 2018 tingkat nasional. Kompetisi di Jakarta nanti akan dimulai tanggal 31 Juli sampai 3 Agustus bulan depan. Semoga kompetisi positif ini bisa memotivasi sekolah lain untuk mendorong semangat dan jiwa kewirausahaan para pelajar," tutupnya. (*)





Penulis: Andi Affandi
Editor: Boy Surya Hamta






CAPELLA DINAMIK NUSANTARA

Jl. Soekarno-Hatta - Pekanbaru
Telp: (0761) 7892111 - 7892088

berita sebelumnya
 
       
 
  oneheart