pemerintah kota dumai
Home    

Gubernur dan Walikota Dumai Pantau Harga Sembako di Pasar Senggol
Selasa, 25 April 2017 - 09:39:52 WIB

Gubernur dan Walikota Dumai Pantau Harga Sembako di Pasar Senggol

DUMAI-Kota Dumai merupakan satu dari tiga kota yang menjadi parameter inflasi di Riau. Periode Maret 2017 lalu, Riau mengalami inflasi sebesar 0,27 persen dengan lndeks Harga Konsumen (IHK) 129,85.

Kondisi tersebut menjadi perhatian serius pemerintah dalam menekan laju inflasi. Sebab angka tersebut berbanding terbalik dengan keadaan nasional yang mengalami deflasi sebesar 0,02 persen. “Dumai jadi parameter inflasi dan inflasi kita di atas nasional. Makanya kita berusaha menahan terus laju inflasi dengan meninjau ketersediaan sembako di Dumai,” ujar Gubernur Arsyadjuliandi Rachman ketika mengunjungi Pasar Senggol Dumai, Minggu siang.

Dikatakan, pemerintah perlu mencari solusi untuk mencukupi kebutuhan bahan pokok di wilayahnya. Pasalnya, pasokan dari provinsi tetangga yaitu Provinsi Sumatera Barat tidak dapat sepenuhnya diharapkan. Belum lagi ketika terjadi bencana banjir dan longsor, distribusi kebutuhan pokok ke Riau jadi terkendala. Hal Itu menjadi penyebab utama kelangkaan dan lonjakan harga.

“Sumbar tidak bisa diharapkan dalam jangka panjang. Selain kita, ada Jambi yang menjadi pasar mereka. Kita harus mencari solusi dengan memproduksi sendiri baik padi, cabai, bawang dan sayuran lainnya,” ujar Andi sapaan akrab Gubernur.

Dia juga meminta Dinas Perdagangan untuk mengantisipasi hal itu. Dimana sebentar lagi masyarakat akan menyambut bulan Ramadhan. Di Khawatirkan ketersediaan pasokan sembako tidak mencukupi. “Masukan pedagang di sini kita terima untuk persiapan Ramadhan. Kemarin Dirjen PEN (Pengembangan Ekspor Nasional) datang ke Pekanbaru untuk melihat kondisi pasar dan kita lanjutkan di Dumai,” tukasnya.

Saat kunjungan gubernur ke pasar tradisional di Dumai didampingi Walikota Zulkifli As, Sekda Ir. M. Nasir serta instasi terkait. Walikota berharap, kebetuhan sembako di Dumai jelang Ramadan tetap ada dan harganya pun tetap stabil. “Kita minta Dinas Perdagangan untuk tetap memantau sembako jelang Ramadan,” imbuhnya. (adv/hms)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau PEMERINTAH KOTA DUMAI 2014