pemerintah daerah kabupaten indragiri hilir
Home    
Komitmen Kembangkan PAUD, Bupati dan Bunda PAUD Inhil Raih Penghargaan
Jumat, 03 November 2017 - 04:55:42 WIB

Komitmen Kembangkan PAUD, Bupati dan Bunda PAUD Inhil Raih Penghargaan

INDRAGIRI HILIR-Bupati HM Wardan bersama Bunda PAUD Inhil Hj Zulaikhah Wardan meraih penghargaan dari Pemprov Riau atas komitmen dalam pengembangan PAUD, Kamis (2/11/2017) pagi. Penghargaan secara simbolis diserahkan Gubernur Arsyadjuliandi Rachman dalam acara Gebyar PAUD yang diselenggarakan Pemprov Riau untuk pertama kalinya.

Bupati HM Wardan menerima penghargaan untuk kategori Bupati terbaik pertama yang peduli dalam pengembangan PAUD di daerahnya. Sedangkan Hj Zulaikhah Wardan berhasil menyabet penghargaan Bunda PAUD terbaik kedua di Provinsi Riau.

Disamping itu, Inhil juga berhasil meraih penghargaan dalam kategori lainnya, melalui Camat Tanah merah untuk anugerah Camat terbaik ketiga, Kepala Desa Tanah Merah yang mendapat anugerah sebagai Kepala Desa terbaik kedelapan, Bunda PAUD kecamatan Tanah Merah menjadi Bunda PAUD kecamatan terbaik 1 dan Bunda PAUD Desa Tanah Merah menjadi Bunda PAUD terbaik ketiga Riau.

Dengan berbagai penghargaan tersebut, Zulaikhah mengaku sangat bersyukur. "Alhamdulillah hari ini puncak acara Gebyar PAUD, kita berhasil mendapat piagam baik camat, kepala desa, Bunda PAUD kecamatan, juga Bunda PAUD desa", tuturnya. 

Dia berharap, hal ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Inhil, baik bupati, Camat maupun Kepala Desa / Lurah untuk dapat lebih meningkatkan upaya pengembangan PAUD di Inhil.

Sementara itu, gubernur mengungkapkan apresiasinya atas torehan prestasi bagi para penerima penghargaan tersebut dan menyambut baik penyelenggaraan acara penganugerahan yang digelar perdana oleh Pemprov Riau. Menurutnya, penguatan karakter anak, terutama melalui lembaga PAUD sangat penting untuk dilakukan.

Bupati HM Wardan juga mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan tersebut. Dia mengaku tidak menyangka, kalau Inhil mampu meraih prestasi yang berlimpah dalam penyelenggaraan pendidikan PAUD. "Saya bersyukur capaian dari program PAUD yang dilakukan selama ini semakin tahun semakin meningkat," kata Wardan kepada awak media.

Gerakan PAUDisasi sendiri merupakan sebuah gerakan pendirian lembaga PAUD di setiap desa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Inhil sejak tahun 2014. Sejak awal tahun 2013 hingga tahun 2017 ini, Bupati mengungkapkan, Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD di Kabupaten Inhil sungguh sangat mengejutkan. Laju pertumbuhan lembaga PAUD di Kabupaten Inhil sampai saat ini, lanjut Bupati, mencapai angka 37,41 persen.

"Sudah terjadi kenaikan dari sebelumnya pada awal tahun 2013 APK PAUD hanya berada pada angka 53,99 persen dengan jumlah lembaga PAUD yang tersebar sebanyak 153 lembaga. Kini, angka tersebut merangsek naik hingga level 91,40 persen dengan jumlah lembaga yang tersebar sebanyak 465 lembaga PAUD. Ini sungguh terobosan yang luar biasa," tukasnya.

Kenaikan signifikan persentase APK PAUD yang menjadi indikator penyebaran PAUD di Kabupaten Inhil ini, diungkapkan Bupati, telah mencerminkan keseriusan dari Pemerintah Kabupaten Inhil dalam melayani kebutuhan pendidikan anak usia dini. (adv/diskominfo)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.inhlkab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HILIR � 2013