pemerintah daerah kabupaten indragiri hulu
Home    

Pemkab Inhu Alokasikan Dana Rp18 Miliar Untuk Bangun Desa
Sabtu, 09 Februari 2013 - 15:21:49 WIB

Pemkab Inhu Alokasikan Dana Rp18 Miliar Untuk Bangun Desa

RENGAT-Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu mengalokasikan dana senilai Rp18 miliar untuk pembangunan desa dan kelurahan. Dana tersebut akan disalurkan melalui program PNPM Integrasi. Dana tersebut berasal dari APBD Inhu dan APBN tahun 2013. Dari APBD sebesar Rp15 miliar, sedangkan dari APBN Rp3 miliar.

Ketua Forum Badan Kerja Antar Desa Inhu yang juga Ketua Ruang Belajar Masyarakat, Senoharto mengatakan, tahun lalu dana yang diterima Rp15 miliar dengan rincian dari APBD Inhu Rp10 miliar dan APBN Rp5 miliar. "Dengan demikian tahun 2013 ini mengalami peningkatan sebesar Rp3 miliar dari tahun 2012 lalu. Perhatian pemerintah untuk program PNPM semakin nampak dengan terus bertambahnya alokasi anggaran setiap tahun," papar Senoharto, kemarin.

Dikatakan, dalam PNPM ada integrasi antara program pemerintah dengan masyarakat. Karena itu, program ini juga disebut dari dan oleh masyarakat karena masyarakat terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan. "Partisipasi masyarakat cukup besar dalam kegiatan PNPM ini," ujarnya.

Bidang pembangunan yang dilaksakana di antaranya kesehatan, pendidikan, infrastrktur desa serta peningkatan ekonomi dengan pinjaman modal. Dalam beberapa tahun ini, sudah dikelola oleh masyarakat dan sebagian besar sudah merasakan manfaatnya.

Pada 2013, program PNPM segera dilaksanakan. Akhir Januari 2012 lalu dijadwalkan masing-masing desa sudah menyampaikan proposal kegiatan ke kecamatan. "Nanti akan direngking berdasarkan usulan masing-masing. Baru selanjutnya dikirim ke tingkat kabupaten. Melalui kegiatan (Musyawarah Antar Kecamatan) III akan diumumkan desa atau kelurahan yang akan mengelola dana berdasarkan usulan dimaksud," tukasnya.

Dijelaskan, usulan 2012 lalu yang belum terakomodir karena keterbatasan dana, maka akan diprioritaskan untuk bisa mendapatkan dana tahun 2013 ini. Namun demikian desa dan kelurahan harus bisa menyampaikan usulan ini dalam musyawarah di kecamatan masing-masing.

Untuk satu usulan kegiatan di satu desa akan mendapatkan maksimal anggaran sebesar Rp350 juta. Sementara untuk usualan desa yang sama bisa mendapatkan sebesar Rp500 juta seperti usulan semenisasi yang sama antar dua desa berbeda.

Sementara untuk kegiatan PNPM-Mandiri pedesaan tahun ini ada delapan kecamatan yang akan mengelola dana tersebut dengan total anggaran sebanyak Rp7,2 miliar. Prosedurnya sama dengan PNPM Integrasi yaitu untuk peningkatan pembangunan di desa dan kelurahan seperti infrastruktur di pedesaan. (adv/hms)
Situs Portal Berita Riau - Fokusriau.com





berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.inhukab.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU 2013