pemerintah daerah kabupaten kuansing
Home    

Wabup Halim Hadiri Workshop Kebijakan dan Strategi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan
Rabu, 25 Oktober 2017 - 11:39:05 WIB

Wabup Halim Hadiri Workshop Kebijakan dan Strategi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan

KUANSING-Untuk mendukung pemenuhan layanan dasar air minum dan sanitasi di Kabupaten Kuansing, Riau, Wakil Bupati Halim mengikuti workshop Kebijakan dan Strategi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) dalam Perencanaan Daerah Regional I yang berlangsung di Hotel Le Polonial Medan, Rabu (25/10/2017).

Berdasarkan UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah pasal 12 Ayat 1 menjelaskan, perwujudan 100 persen akses air minum dan sanitasi, merupakan kewenangan daerah dan menjadi urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar. Sekarang, munculnya persoalan di masyarakat menyangkut ketersedian air baku, praktek sanitasi, gizi buruk, keberlanjutan pelayanan, sarana dan prasara dan alternatif pendanaan menjadi kendala tersendiri.

Ketua Panitia sekaligus Direktur SUPD II Ditjen Bina Pembangunan Daerah DR. A. Damenta menyampaikan, workshop bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait strategi AMPL. Sehingga bisa menjadi konsen daerah dalam strategi pembangunan dan sanitasi dalam perencanaan daerah.

Sedangkan tujuan yang ingin dicapai adalah (1) komitmen pimpinan daerah dalam prioritas program dan anggaran pembangunan layanan air minum  dan sanitasi melalui APBD dan sumber pembiayaan lain. (2) menjelaskan berbagai program dan sumber pendanaan yang dapat dimanfaatkan pemerintah daerah dalam rangka pembangunan layanan dasar air minum dan sanitasi. (3) menjelaskan berbagai peraturan/kebijakan nasional pendukung terkait tata administrasi keuangan.(4) merumuskan pengembangan/penyesuaian kebijakan daerah dalam mendukung pencapaian target akses air minum dan sanitasi. (5) merumuskan pokok/pokok mekanisme dukungan Penerintah Provinsi dalam mewujudkan akses 100 persen tingkat Kabupaten.

Selain Wabup Halim, workshop diikuti Assisten II Sekdakab Indra Suandi, Kepala Bappedalitbang Zafnil, Kabag Humas dan Protokol Muradi.

Di sisi lain, Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Ditjen Cipta Karya Kementrian PUPR menyampaikan tentang strategi dan kebijakan pengembangan SPAM perdesaan dalam mendukung program nasional pencapaian universal access 2019. (*jhon hendri)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.kuansing.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN KUANSING © 2017