pemerintah daerah kabupaten kuansing
Home    

Lokakarya Pembangunan Berbasis Lingkungan Hidup, Mursini: Fokus ke Bantaran Sungai!
Rabu, 08 November 2017 - 02:17:04 WIB

Lokakarya Pembangunan Berbasis Lingkungan Hidup, Mursini: Fokus ke Bantaran Sungai!

KUANSING-Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi terus berupaya menyelamatkan bantaran sungai yang menjadi sumber kehidupan masyarakat. Selama ini, bantaran sungai terus mengalami perusakan oleh oknum penambang emas tanpa izin (Peti).

Untuk menindak lanjuti MoU Pemkab Kuansing dengan Universitas Riau bidang ekonomi, melalui pemanfaatan bantaran sungai sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat dan menindaklanjuti hasil penyelenggaraan seminar pembangunan berbasis lingkungan hidup, Pemkab Kuansing menggelar Lokakarya Pembangunan Berbasis Lingkungan Hidup, Selasa (7/11/2017) di Aula SMKN 2 Teluk Kuantan.

Lokakarya mengangkat tema "Sungai sebagai sumber kehidupan masa depan". Tujuan lokakarya untuk merumuskan kebijakan baru sebagai tindak lanjut kesepakatan bersama yang telah ditandatangani pada seminar pembangunan berbasis lingkungan hidup sebagai upaya penanggulangan kerusakan lahan dan pencemaran sungai, beberapa waktu lalu di Pekanbaru.

Bupati Mursini kala membuka lokakarya menyampaikan, pemkab bersama Universitas Riau sebelumnya telah melaksanakan seminar dalam upaya pengendalian sekaligus pemanfaatan bantaran sungai sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat. Dimana dalam seminar tersebut ditandatangani kesepakatan bersama Pemprov Riau, Kapolda, Danrem 031 Wirabima, Kajati, Rektor Universitas Riau dan Ketua DPRD Kuansing.

Salah satu isi kesepakatan tersebut mewujudkan kegiatan pemberdayaan masyarakat daerah aliran sungai Kuantan-Indragiri, menghentikan seluruh kegiatan yang memiliki dampak negatif terhadap lingkungan dan mengembalikan fungsi sungai sebagai sumber kehidupan masyarakat.

"Harapan saya dan kita semua, dari lokakarya ini dihasilkan program dan kegiatan nyata yang akan dilaksanakan perangkat daerah. Untuk tahap pertama, kegiatan difokuskan pada daerah bantaran sungai dan daerah aliran Sungai Kuantan," ujar bupati. (jhon hendri)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.kuansing.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN KUANSING © 2017