pemerintah daerah kabupaten kuansing
Home    

DPRD Kuansing Sahkan APBD Perubahan 2017 Sebesar Rp1,47 Triliun
Rabu, 08 November 2017 - 22:47:06 WIB

DPRD Kuansing Sahkan APBD Perubahan 2017 Sebesar Rp1,47 Triliun

KUANSING-DPRD Kabupaten Kuantan Singingi akhirnya mengesahkan APBD Perubahan tahun anggaran 2017, Rabu sore melalui paripurna yang berlangsung di gedung DPRD Kuansing. Pengesahan sempat dua kali tertunda, karena jumlah anggota dewan yang tidak memenuhi syarat atau tak kuorum. 

"Alhamdulillah sekira pukul 16.45 Wib, Pimpinan sidang Ketua DPRD Kuansing Andi Putra mengetuk palu pengesahan. Sebelum sidang dimulai, Andi Putra menyampaikan, kehadiran 32 dari 35 anggota dewan sudah kourum. Sehingga sidang bisa dilaksanakan," ujar.

Sesaat sebelum palu diketuk, juru bicara DPRD Rosi Atali membacakan pendapat akhir DPRD tentang Ranperda APBD Perubahan. Dimana secara keseluruhan, dewan sepakat dengan besaran RAPBD Perubahan sebesar Rp1,47 triliun. Jumlah tersebut mengalami kenaikan Rp74, 2 miliar dibanding APBD murni 2017. Namun demikian, DPRD memberikan catatan kepada pemkab agar mengoreksi kembali keberadaan tenaga non ASN yang berjumlah 438 orang.

Sekarang yang dianggarkan hanya untuk 357 orang, sehingga terdapat pengurangan 81 orang akibat data yang tidak valid. Kemudian sisa anggaran yang sebelumnya direncanakan untuk tenaga non ASN sebanyak 6.300 orang diprioritaskan untuk pembayaran tenaga honorer yang telah diverifikasi OPD.

Sementara itu, Bupati H Mursini menanggapi pendapat akhir DPRD menyebutkan, atas nama kepala daerah menyampaikan terima kasih kepada DPRD yang telah menyetujui APBD Perubahan 2017. Karena semua yang dilakukan untuk kepentingan masyarakat Kuansing, sebab kesepakatan yang baru diambil merupakan proses panjang. Sehingga menguras pemikiran, tenaga dan waktu TAPD bersama tim Banggar DPRD. 

"Hal itu membuktikan, komunikasi serta keseimbangan fungsi kedua lembaga pemerintah dan DPRD berjalan dengan baik," ujar Mursini.

Dia berharap, semua pihak saling memaafkan. Karena dalam proses menuju kesepakatan mungkin ada gesekan antara tim TAPD dan tim Banggar DPRD. Ini adalah hal yang biasa terjadi dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat Kuansing. 

Mengenai catatan yang disampaikan DPRD, pemkab akan berkonsultasi. Sehingga nanti tidak ada aturan yang terlanggar. (jhon hendri)






berita sebelumnya
 
       
 
  fokusriau www.kuansing.go.id
PEMERINTAH KABUPATEN KUANSING © 2017